Laporan Baseline: Kalimantan Utara

Tags:

Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) merupakan kolaborasi antara Pemerintah Indonesia dan Australia yang bertujuan untuk meningkatkan literasi, numerasi, dan inklusi di sekolah-sekolah dasar di Indonesia. Fokus program ini adalah untuk memahami tantangan dan peluang di tingkat lokal, serta menghasilkan dan membagikan bukti ke pemangku kepentingan kunci. INOVASI telah membentuk kemitraan dengan 12 kabupaten di empat provinsi, yaitu Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur. Proyek ini dimulai pada tahun 2016, dan tahap pertamanya akan berakhir di tahun 2019. Laporan ini memaparkan studi dasar (baseline study) kualitatif yang dilakukan di Provinsi Kalimantan Utara serta di Kabupaten Malinau dan Bulungan pada Februari 2018.

Studi dasar ini menggunakan tiga metode studi kualitatif: wawancara mendalam (in-depth interview/IDI) dengan informan kunci, Diskusi Kelompok Terfokus (focus group discussions/FGD), dan studi kasus mendalam.

  1. Sepuluh informan dari sembilan lembaga telah diwawancarai di tingkat provinsi, sementara sembilan dan delapan informan telah diwawancarai, masing-masing di Kabupaten Bulungan dan Malinau. Wawancara mendalam ini dilakukan dengan informan yang bekerja di dinas pemerintah daerah dan kantor non-pemerintah.
  2. Diskusi kelompok terfokus telah diselenggarakan di tingkat kabupaten, dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu pengambil keputusan dan praktisi pendidikan. Total 23 peserta mengikuti diskusi kelompok terfokus tersebut.
  3. Lima studi kasus mendalam telah dilakukan untuk menindaklanjuti praktik-praktik terbaik yang disebutkan dalam wawancara mendalam dan/atau diskusi kelompok terfokus, termasuk mengunjungi lokasi, mewawancarai informan kunci, dan mengamati kegiatan yang berlangsung.
Laporan Baseline: Kalimantan Utara