
INOVASI bekerja di 25 kabupaten/kota di enam provinsi di Indonesia, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN). INOVASI mendukung peningkatan kapasitas pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat. Selain itu, INOVASI juga membantu mitra lokal dalam menemukan solusi yang membuahkan hasil yang praktis dan berkelanjutan.






INOVASI adalah program kemitraan unggulan antara Pemerintah Australia dan Indonesia. Ketika INOVASI dimulai pada 2016 (fase 1), hasil Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) memperlihatkan hampir setengah (47%) siswa belum dapat membaca dengan baik, sementara dua pertiga (77%) siswa kurang menguasai matematika. Meski banyak perbaikan terkait kurikulum, penilaian, dan pelatihan guru sejak itu, Indonesia menutup sekolah hampir dua tahun selama pandemi COVID‑19 dan mengakibatkan kehilangan pembelajaran (learning loss).
Pada fase 3 ini, INOVASI berfokus pada menjembatani kesenjangan antara kebijakan nasional dan pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota dan sekolah, serta memperkuat ekosistem pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Tujuan akhir program INOVASI adalah, pada 2031, Indonesia memiliki dan menerapkan kebijakan serta mempraktikkan pendidikan inklusif yang berdampak pada peningkatan keterampilan dasar bagi semua siswa sekolah dasar, termasuk anak‑anak penyandang disabilitas.
Publikasi
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Emosi dan Perilaku
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperluka...
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Pendengaran
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperluka...
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Penglihatan
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperluka...