Nasional

Di tingkat nasional, INOVASI memberikan dukungan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Agama (Kemenag) dengan berbagai fokus. Baik itu dalam bentuk respon dan upaya pemulihan dari dampak COVID-19, gender, disabilitas dan inklusi sosial (GEDSI), kurikulum nasional yang baru, sistem asesmen, standar perekrutan, pelatihan, penugasan dan pengembangan keprofesian guru, serta pedekatan-pendekatan baru untuk pendidikan karakter dan moderasi beragama. Bersama Kemendikbudristek, Kemenag, dan Bappenas, INOVASI terus memperkuat kolaborasi di tingkat pusat dan daerah - khususnya di empat provinsi mitra program, guna mempererat perencanaan dua arah yang strategis.

Lokasi
Literasi
Numerasi
GEDSI
Peningkatan Kualitas Guru
Pendidikan Karakter
Dukungan Kebijakan & Lintas Sektor

Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) merupakan program kolaborasi antara pemerintah Australia dan Indonesia. INOVASI bekerja dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), serta mitra-mitra di tingkat daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur. Program ini berupaya mengidentifikasi dan mendukung perubahan dalam hal praktik pembelajaran, sistem, dan kebijakan pendidikan yang secara nyata mampu mempercepat peningkatan hasil belajar siswa. INOVASI dikelola oleh Palladium atas nama Pemerintah Australia, melalui Australian Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), yang secara resmi dimulai pada 18 Januari 2016.

Program selama delapan tahun (2016-2023) ini mendukung mitra pemerintah (di tingkat pusat dan daerah) dalam mengidentifikasi dan memahami masalah sistemik yang berdampak pada hasil belajar dan mengajar di Indonesia, serta untuk mengembangkan dan menerapkan berbagai solusi lokal. Tiga bidang yang menjadi fokus program dalam mengidentifikasi dan mendukung perubahan adalah: kualitas pengajaran di kelas, kualitas dukungan untuk guru, serta pembelajaran bagi semua anak. Hasil pembelajaran siswa yang baik dalam pendidikan dasar akan memberikan fondasi bagi angkatan kerja Indonesia yang lebih terampil yang akan menjadi penggerak ekonomi dan stabilitas.

Publikasi

Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 3 SD/MI: Literasi

Terjadinya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan pelayanan publik oleh pemerin...

Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 2 SD/MI: Literasi

Terjadinya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan pelayanan publik oleh pemerin...

Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas 1 SD/MI: Literasi

Terjadinya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan pelayanan publik oleh pemerin...

Cerita & Berita Terkait

Buku cerita bergambar berkualitas: Perkuat Minat Baca Anak, Dorong Literasi

Ilustrasi membantu mendorong kebiasaan membaca anak. Dengan adanya ilustrasi, anak akan terdorong un...

Selengkapnya

Kami Ingin Dengar Pendapat Anda! Survei Komunikasi Program INOVASI

Program INOVASI mengajak Bapak/Ibu/Saudara untuk berpartisipasi dalam survei singkat terkait konten ...

Selengkapnya

Berkolaborasi Mendorong Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Buku Cerita Bagi Seluruh Anak Indonesia

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,...

Selengkapnya