(Saat ini publikasi hanya tersedia dalam Bahasa Inggris)

Diawali pada akhir  tahun 2019, pemerintah Indonesia mengawali memulai serangkaian reformasi pendidikan sistemik, yang secara kolektif disebut sebagai Merdeka Belajar. Reformasi ini ditetapkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran, mempromosikan pendidikan yang berkualitas, dan merata untuk semua siswa Indonesia dengan menciptakan perubahan dalam paradigma dan praktik pembelajaran, memberdayakan pendidik dan kepala sekolah, dan mendorong keterlibatan aktif seluruh ekosistem pendidikan.

Laporan ini adalah laporan ke-2 dalam serial studi kesenjangan belajar (klik di sini untuk laporan ke-1). Laporan ini mencakup studi kasus kehilangan pembelajaran di sekolah mitra INOVASI, menambah dasar bukti mengapa reformasi kurikulum ini diperlukan. Studi yang dilakukan oleh Pusat Kebijakan dan Standar Pendidikan (PSKP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) dan INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) menyoroti perlunya kerangka kurikulum yang dengan jelas menetapkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan utama yang perlu dipelajari siswa saat mereka selaras dengan kemajuan mereka di sekolah, khususnya dalam literasi dan numerasi di kelas awal. Juga merupakan hal yang penting adalah kebutuhan untuk mengembangkan kapasitas guru untuk pengajaran yang berkualitas, pembelajaran yang berbeda, dan penilaian untuk menentukan kebutuhan belajar siswa dan untuk memantau kemajuan dan pencapaian.

Tujuan laporan ini adalah untuk menjelaskan fitur utama kurikulum baru di Indonesia dan perkembangannya, serta memberikan bukti tentang kebijakan dan penyediaan dukungan apa yang akan membantu memenuhi tujuannya, terutama dalam konteks kehilangan pembelajaran terkait pandemi COVID-19. Laporan ini dimaksudkan untuk menginformasikan perencanaan dan pengembangan kebijakan dengan memberikan kontribusi pada bukti tentang perlunya kurikulum yang lebih baik, pengajaran dengan kualitas yang lebih baik, dan implementasi yang dirancang dengan baik untuk memastikan bahwa siswa di seluruh Indonesia memiliki kesempatan yang lebih baik untuk belajar di sekolah. Ini sangat penting jika Indonesia ingin mengatasi masalah yang terus-menerus tentang pencapaian pendidikan dan kehilangan pembelajaran yang rendah.

Laporan ini mendukung peluncuran Kurikulum Merdeka, yang menjelaskan tentang apa, mengapa, dan bagaimana kurikulum baru itu muncul dan bagaimana penerapannya diharapkan dapat berkontribusi pada hasil belajar yang lebih baik di seluruh wilayah dan kelompok siswa Indonesia.

Unduh Publikasi - 959.41 KB