Sistem penilaian yang efektif memberikan informasi yang valid dan andal tentang hasil pembelajaran kepada siswa, guru, orang tua, dan pemerintah. Penilaian memberikan informasi mengenai perencanaan guru, sehingga mereka dapat menyesuaikan pelajaran dengan kebutuhan siswa. Penilaian juga meningkatkan akuntabilitas, karena memberikan dasar bagi guru untuk memberikan laporan kepada orang tua dan masyarakat luas tentang hasil pembelajaran anak, dan memberikan informasi kepada sekolah dan pemerintah agar mereka dapat merencanakan dan menyusun kebijakan berdasarkan bukti.

Risalah Kebijakan edisi Oktober 2019 ini mengeksplorasi isu-isu utama dan rekomendasi kebijakan tentang pentingnya melakukan asesmen dan evaluasi pembelajaran berdasarkan hasil pelaksanaan program INOVASI di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur. Risalah Kebijakan ini akan diperbaharui pada akhir tahun 2019, dengan mengikutsertakan hasil studi endline pelaksanaan program.