(Saat ini publikasi hanya tersedia dalam Bahasa Inggris)

INOVASI telah membantu 17 pemerintah daerah memprakarsai dan melaksanakan berbagai kebijakan dan program pendidikan. Dalam studi ini, INOVASI berfokus pada tiga kebijakan pemerintah daerah berikut ini, yaitu: (1) Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 62 Tahun 2018 tentang Gerakan Literasi Kabupaten Probolinggo; (2) Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Multigrade di Sekolah Dasar; dan (3) Peraturan Walikota Kota Batu Nomor 93 Tahun 2018 tentang Kota Batu Sebagai Kota Literasi. Studi ini mengeksplorasi proses pengembangan dan penerapan ketiga kebijakan tersebut serta memprediksi keberlanjutannya dengan cara mengemukakan kisah sukses, dukungan, isu, dan tantangan dalam konteks pandemi COVID-19. Studi ini memberikan informasi berharga bagi pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan untuk memahami dinamika implementasi kebijakan bidang pendidikan serta keberlanjutannya dalam konteks yang menantang.

Studi ini dilakukan pada bulan Maret hingga Juni 2021 menggunakan wawancara kualitatif online dengan dua puluh tujuh informan (sepuluh perempuan dan tujuh belas laki-laki) mulai dari pengawas, orang tua, pustakawan, pejabat pendidikan, pejabat pemerintah lainnya, anggota komite sekolah, dan anggota legislatif. Studi ini juga menggunakan diskusi kelompok terfokus dengan tiga kelompok guru yang berbeda, tiga kelompok kepala sekolah, dua kelompok kepala sekolah dan guru madrasah campuran, serta komunitas literasi. Studi ini memperlakukan ketiga kebijakan  tersebut sebagai kasus dengan karakteristik sistem masing-masing yang unik. Studi ini juga mencakup konsep kebijakan, konteks, orang dan sumber dukungan dari ketiga kebijakan tersebut sehingga dapat memberikan deskripsi yang komprehensif untuk melakukan perbandingan dan menganalisis ketiga kasus tersebut.

Selengkapnya baca melalui tautan berikut ini, hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.