Buku ini merupakan rangkuman hasil penelitian yang bertujuan mengkaji bentuk penggunaan bahasa ibu sebagai strategi pembelajaran literasi dasar di kelas awal. Penelitian ini dilakukan oleh Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak)—saat ini Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan (PSKP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset, dan Teknologi.

Pembelajaran di kelas pada umumnya menggunakan bahasa Indonesia, dan dalam perjalanan anak menguasai bahasa Indonesia, dibutuhkan tahapan agar anak-anak di kelas awal sekolah dasar memiliki peluang untuk tetap belajar menggunakan bahasa daerah. Secara bertahap, penerapan strategi pembelajaran berbasis bahasa ibu akan membantu anak-anak untuk menguasai bahasa Indonesia. Dengan strategi ini, adaptasi peralihan penggunaan bahasa Indonesia ini tetap lancar dilakukan dan sekaligus memastikan anak-anak menguasai materi pelajaran.

Baca publikasi selengkapnya melalui tautan berikut ini.