Tinjauan sistematis INOVASI ini bertujuan untuk memahami berbagai studi yang telah dilakukan di Indonesia, dan kaitannya dalam hal hasil belajar literasi dan numerasi siswa. Faktor pengajaran dan sekolah memiliki pengaruh gabungan tertinggi terhadap hasil pembelajaran literasi dan numerasi. Di antara faktor-faktor sekolah, kemampuan manajerial dan supervisi kepala sekolah untuk menerapkan manajemen berbasis sekolah berkontribusi paling besar terhadap hasil pembelajaran numerasi. Ada bukti kuat bahwa penggunaan strategi pengajaran berdasarkan kebutuhan dan kesulitan para siswa dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Kajian ini juga menunjukkan bahwa guru harus memiliki pemahaman mengenai materi pembelajaran, pengetahuan pedagogik dan keterampilan sosial yang memadai untuk memahami masalah di kelas, dan memilih dan menerapkan strategi pengajaran yang paling tepat. Berdasarkan penilaian kualitas yang digunakan untuk semua penelitian individual yang disaring, kajian ini mengindikasikan bahwa penelitian yang lebih berkualitas mengenai pembelajaran perlu dilakukan di Indonesia.

Unduh Publikasi - 1.35 MB