Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menandatangani nota kesepahaman pada bulan November 2017 untuk memulai implementasi proyek Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) di empat kabupaten di Sumba, yaitu: Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur. INOVASI merupakan proyek kemitraan kolaboratif antara pemerintah Australia dan Indonesia di sektor pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa di jenjang pendidikan dasar, terutama dalam hal literasi dan numerasi. Proyek ini fokus pada pengembangan, implementasi, dan uji coba berbagai solusi yang paling sesuai dengan konteks lokal yang berhasil meningkatkan hasil pembelajaran siswa melalui serangkaian program rintisan di empat kabupaten di Sumba.

Menindaklanjuti inisiasi proyek INOVASI, kami melakukan studi baseline ini untuk menyelidiki konteks sosial dan politik dari pendidikan dasar di Sumba. Studi ini berfokus pada tujuh tema investigasi: (a) persepsi pemangku kepentingan lokal terhadap kualitas pendidikan; (b) masalah dan tantangan pendidikan dasar; (c) program dan kebijakan pemerintah untuk mengatasi tantangan; (d) praktik atau inovasi yang menjanjikan dalam pendidikan dasar; (e) pandangan pemangku kepentingan lokal tentang praktik Kelompok Kerja Guru (KKG) di setiap kabupaten; (f) kesempatan untuk menggunakan dana desa; dan (g) musrenbang untuk mendukung program peningkatan kualitas pendidikan dasar. Studi baseline ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk membahas tujuan studi. Kami menggunakan wawancara dan diskusi kelompok terarah (FGD atau Focus Group Discussion) untuk mengumpulkan data tentang situasi pendidikan dasar, berdasarkan perspektif pemangku kepentingan lokal. Kami juga melakukan tinjauan pustaka untuk mengidentifikasi kebijakan dan program saat ini yang terkait dengan pendidikan di tingkat pusat dan lokal.

Kebijakan dan dokumen hukum saat ini yang termasuk dalam tinjauan ini diidentifikasi selama wawancara dan dengan mencari saluran informasi elektronik dan non-elektronik. Laporan baseline ini memberikan informasi tentang masalah dan tantangan pendidikan dasar di Sumba, serta menawarkan rekomendasi untuk intervensi proyek INOVASI.

Laporan lengkap dapat diunduh pada tautan di bawah ini.