LAPORAN: Studi Midline INOVASI Nusa Tenggara Barat

Tags:

Nusa Tenggara Barat adalah provinsi mitra pertama dari program INOVASI di Indonesia. Program percontohan telah dilakukan di 6 kabupaten sasaran yaitu Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima dan Dompu. Pada tahun ke tiga program, INOVASI perlu menangkap perspektif terkini tentang pendidikan dari para pemangku kepentingan, khususnya dalam hal literasi, kemampuan numerasi dan pendidikan inklusif.

Lebih khusus lagi, INOVASI perlu memahami apakah dan sejauh mana perubahan dalam pola pikir dan praktik terjadi di antara para pemangku kepentingan. INOVASI juga perlu memahami kondisi pembelajaran di 6 kabupaten sasaran di NTB dan lingkungan pendukung yang mempengaruhi kualitas pendidikan di daerah tersebut dan bagaimana aspek-aspek ini telah bergeser sepanjang periode pelaksanaan program percontohan. Oleh karena itu, empat belas pertanyaan penelitian dikembangkan dan selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk merancang instrumen penelitian.

Laporan ini memberikan gambaran umum tentang implementasi program percontohan INOVASI di 6 kabupaten sasaran dan membandingkan hasilnya dengan hasil studi tahap awal. Data dikumpulkan di kabupaten sasaran pada bulan Desember 2018, melalui wawancara yang dilakukan terhadap narasumber kunci di tingkat provinsi, kabupaten, dan sekolah.

LAPORAN: Studi Midline INOVASI Nusa Tenggara Barat