LAPORAN: Pembelajaran Kelas Rangkap

Tags:

Beberapa studi menunjukkan bahwa masyarakat Tengger yang menjadi mayoritas penduduk dari desa-desa di Kecamatan Sukapura ini memiliki tradisi dan nilai-nilai budaya khas, yang mungkin berpengaruh terhadap persepsi dan pemenuhan hak pendidikan anak (Hadi, 2014; Khoiriyah & Maghfiroh, 2018; Setiawan, 2008; Suhartono & Hadi, 2016). Bjork (2005) dalam studinya terkait desentralisasi pendidikan di Indonesia menyimpulkan pentingnya pemahaman mendalam tentang konteks sosial, budaya, peraturan dan sejarah di wilayah-wilayah di mana kebijakan pendidikan akan diimplementasikan dikarenakan faktor-faktor tersebut lebih cenderung menghambat perubahan dibandingkan faktor teknis seperti kurikulum, pembiayaan, dan lainnya (dalam Cannon, 2006). Oleh karena itu, diperlukan adanya sebuah kajian khusus untuk memahami konteks geografis dan kehidupan masyarakat di Kecamatan Sukapura, khususnya di desa-desa tempat dilaksanakannya PKR, termasuk menggali persepsi masyarakat setempat terhadap hak pendidikan anak.

LAPORAN: Pembelajaran Kelas Rangkap