LAPORAN: Baseline, Jawa Timur

Tags:

Pemerintah provinsi Jawa Timur dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menandatangani nota kesepahaman pada bulan November 2018 untuk memulai implementasi proyek Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) di lima wilayah di Jawa Timur, yaitu Kota Batu, Kabupaten Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo dan Sumenep. INOVASI merupakan proyek kemitraan kolaboratif antara pemerintah Australia dan Indonesia di sektor pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa di jenjang pendidikan dasar, terutama dalam hal literasi dan numerasi. Proyek ini fokus pada pengembangan, implementasi, dan uji coba berbagai solusi yang paling sesuai dengan konteks lokal melalui serangkaian program rintisan yang berhasil meningkatkan hasil pembelajaran siswa di lima wilayah di Jawa Timur.

Menindaklanjuti inisiasi proyek INOVASI, studi baseline ini dilaksanakan untuk menyelidiki konteks sosial dan politik dari pendidikan dasar di Jawa Timur. Studi ini berfokus pada tujuh tema investigasi: (a) persepsi pemangku kepentingan lokal terhadap kualitas pendidikan; (b) masalah dan tantangan pendidikan dasar; (c) program dan kebijakan pemerintah untuk mengatasi tantangan; (d) praktik atau inovasi yang menjanjikan dalam pendidikan dasar; (e) pandangan pemangku kepentingan lokal tentang praktik Kelompok Kerja Guru (KKG) di setiap kabupaten; (f) kesempatan untuk menggunakan dana desa; dan (g) musrenbang untuk mendukung program peningkatan kualitas pendidikan dasar. Studi baseline ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memenuhi tujuan studi. Metode wawancara dan diskusi kelompok terarah (FGD atau Focus Group Discussion) digunakan untuk mengumpulkan data tentang situasi pendidikan dasar, berdasarkan perspektif pemangku kepentingan lokal. Tinjauan pustaka juga dilakukan untuk mengidentifikasi kebijakan dan program saat ini yang terkait dengan pendidikan di tingkat pusat dan lokal. Kebijakan dan dokumen hukum saat ini yang termasuk dalam tinjauan ini diidentifikasi selama wawancara dan dengan mencari saluran informasi elektronik dan non-elektronik.

Laporan baseline ini memberikan informasi tentang masalah dan tantangan pendidikan dasar di Jawa Timur, serta menawarkan rekomendasi untuk intervensi proyek INOVASI.

LAPORAN: Baseline, Jawa Timur