Studi ini dirancang dan dilakukan oleh INOVASI untuk mengeksplorasi dampak dari dua program pelatihan guru percontohan utama pada pengajaran dan pembelajaran konsep numerasi kelas awal. Pelatihan singkat ini dilaksanakan di kabupaten-kabupaten mitra di Indonesia. Proses ini didukung oleh teori perubahan program berdasarkan pendekatan problem driven iterative adaptation (PDIA). Studi ini membahas apa yang berhasil di kabupaten mitra INOVASI dan berpotensi dalam konteks Indonesia lainnya untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku berhitung, termasuk kefasihan dan fleksibilitas dengan angka, yang dibutuhkan siswa dan guru.

Studi ini mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif untuk menetapkan apa yang berhasil di kabupaten mitra INOVASI dan untuk menyelidiki sejauh mana pelatihan guru di bidang tertentu akan menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa. Penekanannya adalah pada metode pengajaran, penyediaan dan penggunaan materi yang tepat dan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang baru mereka kembangkan. Pendekatan metode campuran yang dibahas dalam penelitian ini meliputi: observasi guru; penilaian siswa dan guru; wawancara guru; dan pengamatan video yang mendalam.

Unduh Publikasi - 1.63 MB