Studi ini merupakan kompilasi dari pembelajaran tentang peningkatan literasi selama implementasi INOVASI Fase 1 (2016-2020). Studi ini menyajikan bukti mengenai apa yang dapat membawa perbaikan terhadap kemampuan literasi dalam konteks regional. Pengalaman pengembangan INOVASI dalam mencari kepemilikan lokal atas masalah dan solusi menjadi komponen kunci. Perhatian INOVASI terhadap literasi berasal dari pentingnya keterampilan ini sebagai fondasi dalam proses pembelajaran di sekolah, serta ambisi Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi pemuda Indonesia. Ambisi ini bersumber pada dua hal, salah satunya adalah sebuah hasil penelitian yang menunjukkan kesenjangan antara kinerja dan kecakapan siswa Indonesia dalam pemahaman tingkat tinggi yang diukur secara global berdasarkan penilaian literasi internasional. Landasan kedua adalah visi pembangunan bangsa, yaitu Nawa Cita, yang mengemukakan pentingnya kontribusi literasi terhadap kemampuan untuk memperluas wawasan dan kapasitas untuk pengembangan diri.

(Hanya tersedia dalam Bahasa Inggris)