Pendekatan INOVASI untuk meningkatkan hasil belajar di kelas awal adalah melalui strategi yang dikenal sebagai problem driven iterative adaptation (PDIA). Strategi pengembangan dimulai dengan memahami tantangan lokal, merancang, menerapkan, dan menguji percontohan intervensi yang relevan secara kontekstual untuk meningkatkan pembelajaran dan pengajaran. Bekerja dengan komunitas praktik lokal, kelompok kerja guru, adalah strategi kunci. Pengembangan profesional berkelanjutan (CPD) guru, kepala sekolah dan pengawas adalah pendekatan umum untuk mencapai perubahan.

Studi ini mengeksplorasi apakah pendekatan INOVASI berhasil – dan mengapa – dengan fokus pada PKB guru kelas awal melalui kursus singkat literasi, numerasi, dan isu-isu pendukung. Studi lebih lanjut mempertimbangkan keberlanjutan dan skala manfaat bagi pemangku kepentingan lokal. Pendekatan INOVASI terhadap CPD, keberlanjutan, dan perluasan konsisten dengan temuan studi yang diterbitkan dalam literatur internasional dan lokal. Digunakan sebagai tolok ukur, studi ini menunjukkan tidak ada kekurangan baik dalam desain INOVASI maupun implementasi perubahan. Hasil ini tercermin dalam keberhasilan pekerjaan yang dilakukan di kabupaten dan sekolah.

Unduh Publikasi - 1.94 MB