Laporan Studi: KKG/KKM/KKKS/KKPS Sebagai Wadah Jejaring Pendukung Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Tags:

Terciptanya proses pendidikan yang berkualitas perlu dilakukan dengan cara meningkatkan profesionalitas guru, kepala sekolah, dan pengawas secara berkelanjutan. Sehubungan dengan itu, Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan guru serta pembinaan lainnya dengan cara memadukan dan mengarahkan semua unsur yang terkait dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum. Kegiatan PKB bagi guru di Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidayah (MI) dapat dilakukan melalui berbagai wadah, salah satunya melalui Kelompok Kerja Guru (KKG)/Kelompok Kerja Madrasah (KKM). Di luar itu, keberadaan Kelompok Kerja kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) juga diharapkan dapat menjadi jejaring pendukung PKB yang membantu peningkatan kemampuan profesional kepala sekolah dan pengawas, serta memperlancar peningkatan kapasitas guru.

Sejalan dengan hal tersebut, INOVASI berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan profesional guru, kepala sekolah, dan pengawas dengan mempromosikan agenda tersebut melalui berbagai aktivitas. Salah satu fokus INOVASI adalah mengujicobakan pemanfaatan kelompok kerja untuk pengembangan profesional yang berkesinambungan dalam bentuk kelembagaan.

Laporan Studi: KKG/KKM/KKKS/KKPS Sebagai Wadah Jejaring Pendukung Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)