Laporan: Inovasi Pendidikan di Jawa Timur: Penilaian dan Analisis terhadap Studi Inventarisasi Praktik Baik INOVASI

Tags:

Studi inventarisasi Praktik Baik dan INOVASI Pendidikan praktik baik ini berkontribusi terhadap pencapaian sasaran INOVASI, yakni meningkatkan pembelajaran siswa, dengan memberikan bukti kredibel kepada para pemangku kepentingan tentang apa yang berhasil dan tidak berhasil meningkatkan kualitas sekolah dan memperkuat hasil pembelajaran bagi siswa-siswi sekolah dasar di Jawa Timur. Studi ini menggambarkan
pendekatan responsif INOVASI terhadap pembangunan, di mana pemangku kepentingan lokal, dalam hal ini di Jawa Timur, mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi (menciptakan praktik baik dan inovasi) untuk meningkatkan hasil-hasil pembelajaran. Studi ini menggunakan pendekatan berdasarkan Adaptasi Iteratif Berbasis Masalah, atau Problem-driven Iterative Adaptation (PDIA), di mana, alih-alih menerima solusi
yang diberikan dari atas, mereka yang berada di lapangan mengidentifikasi permasalahan dan mengatasinya dengan menerapkan proses iterasi langkah demi langkah, yang memungkinkan terciptanya pembelajaran yang fleksibel dan adaptasi.

Tujuan dan ruang lingkup khusus dari studi ini adalah: untuk mendokumentasikan praktik baik dan inovasi di sekolah-sekolah dasar di Jawa Timur; memahami konteks di mana praktik baik dan inovasi tersebut dikembangkan (dan di beberapa kasus, bagaimana hal-hal tersebut diadaptasi dan dipertahankan); dan memberikan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tentang bagaimana menemukan, mengembangkan, dan melaksanakan apa yang paling berhasil dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa secara lebih jauh, terutama di bidang literasi dan numerasi.

Laporan: Inovasi Pendidikan di Jawa Timur: Penilaian dan Analisis terhadap Studi Inventarisasi Praktik Baik INOVASI