Infografik: Mempersiapkan Generasi Abad 21 – Pentingnya Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi Kelas Awal

Tags:

Indonesia telah membuat banyak kemajuan dalam akses ke pendidikan dasar. Dalam 15 tahun terakhir, anggaran pemerintah untuk pendidikan meningkat dua kali lipat dan angka partisipasi siswa di sekolah dasar hampir mencapai 100%. Namun, meskipun kini ada lebih banyak anak yang bersekolah, hal ini belum menuangkan hasil belajar yang lebih baik. Berbagai asesmen internasional dan nasional yang memonitor dan membandingkan hasil sistem pendidikan yang berkaitan dengan kemampuan siswa usia 15 tahun dalam literasi membaca, matematika, dan sains menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia masih tergolong rendah bahkan bila dibandingkan dengan rekan-rekan sebaya di negara tetangga.

Dalam membangun dan menjaga keberlangsungan gerakan literasi nasional di Indonesia dengan keragaman geografis dan budayanya, berbagai tantangan tentu akan muncul. Banyak anak-anak Indonesia yang duduk di kelas 1-3 sekolah dasar yang belum memiliki dasar-dasar kemampuan membaca. Hal ini tentu akan berdampak pada mutu pembelajaran anak ketika mereka duduk di jenjang pendidikan berikutnya.

Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) merupakan program kemitraan antara pemerintah Australia dengan pemerintah Indonesia. Bekerja langsung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), INOVASI berupaya memahami cara-cara yang efektif (dan juga tidak) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah-sekolah yang ada di berbagai kabupaten di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan hasil belajar literasi dan numerasi. Data baseline tahun 20181 dari seluruh kabupaten mitra INOVASI di Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur memberikan gambaran tentang mutu hasil belajar siswa. Data tersebut dikumpulkan menggunakan Asesmen Belajar Siswa (Student Learning Assessment /SLA), yang merupakan alat bantu untuk mengukur hasil belajar literasi yang mencakup tes matematika dan bahasa Indonesia. SLA dirancang terutama untuk mengevaluasi efektivitas intervensi pendidikan yang dilakukan INOVASI dan KIAT Guru.

Infografik: Mempersiapkan Generasi Abad 21 – Pentingnya Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi Kelas Awal