Pendidikan Inklusif merupakan pendidikan yang didasari semangat terbuka untuk merangkul semua kalangan dalam pendidikan, berwawasan multikultural agar dapat membantu peserta didik mengerti, menerima, serta menghargai orang lain yang berbeda suku, budaya, nilai, kepribadian, dan keberfungsian fisik maupun psikologis. Pendidikan inklusif dapat dilaksanakan dengan baik apabila semua pihak menerima keragaman peserta didik.

Penerapan pendidikan inklusif di Indonesia mempunyai landasan filosofis, yuridis, pedagogis dan empiris yang kuat karena Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya dengan semboyan ”Bhinneka Tunggal Ika”. Semboyan ini berarti mengakui keragaman dalam etnik, dialek, adat istiadat, keyakinan, tradisi, dan budaya sebagai kekayaan bangsa dengan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Kedua buku panduan ini mengajak  pembaca untuk menggali dan menyadari pentingnya penerimaan anak berkebutuhan khusus dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. Menumbuhkan simpati dan empati kepada anak berkebutuhan khusus dalam memperoleh hak azasinya, termasuk hak hidup layak, hak pendidikan, hak kesehatan dan hak-hak lain sebagaimana anak pada umumnya.

Nuraga Sang Guru: Sebuah Kisah Kebhinekaan dalam Pendidikan Inklusif:

Buku Panduan Pendidikan Inklusif untuk Guru dan Orang Tua

 

Menumbuh dan Membumi: Anakku, Anakmu, Anak Ibu Pertiwi:

Memoar Pandu Pendidikan Inklusif