Ide-Ide Pembelajaran Numerasi di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Tags:

Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) telah mengimplementasikan program rintisan numerasi di SD/MI di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur sejak tahun 2018. Program rintisan ini diimplementasikan dengan pertimbangan numerasi masih menjadi pelajaran yang menakutkan untuk siswa di Sidoarjo. Mereka menganggap numerasi identik dengan hafalan dan angka-angka yang sulit untuk dipahami siswa.

Selama kurang lebih satu tahun sejak program rintisan ini dikembangkan di 21 SD dan 10 MI, dampak yang terlihat ternyata luar biasa. Yang paling terlihat adalah para guru yang mulai menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa jadi senang belajar numerasi. Bahkan, siswa betah berlama-lama di kelas sambil bermain dengan media pembelajaran numerasi yang dibuat oleh guru.

Buku ini merupakan kumpulan praktik-praktik pembuatan media pembelajaran yang dibuat oleh fasilitator daerah INOVASI di Kabupaten Sidoarjo. Fasilitator daerah merupakan pendidik-pendidik terbaik dari unsur guru, kepala sekolah, dan pengawas yang dipilih untuk membantu INOVASI dalam mengimplementasikan program rintisan numerasi di Kecamatan Candi dan Tanggulangin, Sidoarjo.

Buku kecil ini dibuat dengan harapan dapat memberikan inspirasi kepada seluruh guru agar mulai mengubah cara mengajarnya, terutama saat mengajarkan numerasi kepada siswa. Semoga dengan adanya buku ini memberikan pencerahan kepada guru bahwa numerasi dapat disampaikan dengan cara yang menyenangkan untuk siswa – dan numerasi, tidak lagi menjadi materi pelajaran yang menyeramkan.

Ide-Ide Pembelajaran Numerasi di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur