Sumba Barat Daya

Program Rintisan: Numerasi Kelas Awal 2
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada Juli 2019 ini melanjutkan unit-unit dari short course numerasi 1 pada paruh pertama 2019, yang berfokus pada numerasi kelas awal. Dalam tindak lanjut program rintisan ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan konsep numerasi kunci di kelas, termasuk pola, eksplorasi jumlah, nilai tempat, serta penambahan dan pengurangan. Guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan mengimplementasikan kursus dalam pertemuan kelompok kerja guru yang rutin, berbasis gugus, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan kursus terjangkau dan dapat diimplementasikan lebih luas.

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal & Perpustakaan Ramah Anak (kemitraan dengan Taman Bacaan Pelangi)
search-Image

Taman Bacaan Pelangi adalah organisasi nirlaba yang berfokus untuk mendirikan perpustakaan ramah anak di wilayah terpencil di Indonesia Timur. Didirikan pada tahun 2009, hingga saat ini, mereka telah mendirikan 81 perpustakaan ramah anak di 15 pulau di Indonesia Timur, dari Lombok hingga Papua. Di tahun 2013, Taman Bacaan Pelangi menerima penghargaan “Nugra Jasa-dharma Pustaloka” dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atas upayanya di bidang literasi.

Fokus Program: Perpustakaan Sekolah      

Program INOVASI dan Taman Bacaan Pelangi bertujuan untuk memupuk kebiasaan membaca bagi anak-anak yang tinggal di wilayah terpencal di Indonesia Timur. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan literasi mereka melalui kegiatan-kegiatan sepertii: 1) pendirian perpustakaan ramah anak di dua sekolah lokal di setiap kabupaten. 2)  pemberdayaan dan pengembangan kapasitas guru dan kepala sekolah untuk mengelola perpustakaan ramah anak dan melaksanakan program membaca. 3) pembentukan kemitraan/koalisi yang solid dengan pemangku kepentingan dan mitra lokal – termasuk Kepala Dinas Pendidikan di tingkat kabupaten, kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat lokal – dan memastikan keberlanjutan perpustakan setelah program usai.

Lokasi: Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya – Nusa Tenggara Timur

Durasi: 12-Sep-18 hingga 11-Sep-19

Highlight program:

  • Meningkatnya hasil pembelajaran siswa di bidang literasi
  • Meningkatnya fasilitas perpustakaan sekolah dan program-programnya
  • Meningkatnya minat membaca siswa

Website: tamanbacaanpelangi.com

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal & Penyediaan Buku (Kemitraan dengan YLAI)
search-Image

 

YLAI adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Bali. YLAI bertujuan untuk mengembangkan kecintaan membaca pada anak-anak usia sekolah dasar di Indonesia. YLAI bekerja dengan menyediakan akses ke bahan bacaan berjenjang, memberikan pelatihan kepada guru tentang cara menggunakan bahan bacaan tersebut, memberikan pendampingan untuk membangun perpustakaan ramah anak, dan mengembangkan kemampuan penulis dan ilustrator buku-buku anak Indonesia. YLAI telah menyusun 75 judul bacaan berjenjang, beberapa buku besar, dan panduan guru untuk digunakan dalam program yang diusulkan dalam hibah tersebut.

Fokus Program: Literasi dan buku-buku

INOVASI dan YLAI menerapkan program membaca seimbang yang menyasar peningkatan hasil pembelajaran di bidang mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis bagi anak-anak kelas 1-3 di 10 sekolah. Program membaca seimbang ini memberikan model untuk mengajarkan membca, sebagai katalis untuk perubahan di dalam sistem pendidikan Indonesia. Model global untuk mengajarkan literasi ini menggunakan literatur anak yang interaktif, Buku Besar, dan buku bacaan berjenjang dalam Bahasa Indonesia untuk mendorong perkembagnan literasi di sekolah-sekolah dasar nasional. Program ini memberikan pendekatan berbeda dalam mengajarkan membca kepada anak-anak yang masih berusia sangat muda agar sesuai dengan perkembangan mereka. Selain itu, program ini melibatkan anak-anak dalam prosesnya dan membangkitkan kecintaan untuk belajar membaca. Program ini akan berupaya meningkatkan tingkat membaca siswa bagi anak-anak Indonesia yang duduk di kelas 1-3 SD, dengan meningkatkan akses ke bahan bacaan yang sesuai usia mereka, dan meningkatkan kapasitas guru untuk menggunakan materi tersebut saat mereka mengajar. YLAI juga mengusulkan untuk membuat video untuk mendukung pelatihan dalam hal membaca bersama dan membaca dengan panduan.

Lokasi: Sumba Barat dan Sumba Barat Daya – Nusa Tenggara Timur

Durasi: 12 September 2018 hingga 11 September 2019

Highlight program:

  • Meningkatnya hasil pembelajaran siswa di bidang literasi
  • Meningkatnya praktik pengajaran guru
  • Pemerintah daerah telah memperluas program YLAI menggunaan dana mereka sendiri

Website: literasi.org

Program Rintisan: Pembelajaran Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu (kemitraan dengan Suluh Insan Lestari)
search-Image

Yayasan Suluh Insan Lestari (SIL) adalah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang kebahasaan, dan bekerja sama dengan mitra-mitranya untuk mewujudkan transformasi menyeluruh bagi suku-suku bangsa di Indonesia dalam konteks bahasa dan budaya unik mereka masing-masing. Hal ini dilakukan melalui riset, penerjemahan, pelatihan, dan pendidikan berbasis bahasa yang mendukung penggunaan dan pelestarian bahasa dan budaya tersebut. Yayasan SIL berafiliasi dengan SIL International, organisasi yang memiliki keahlian dan pengalaman bekerja di bidang pengembangan bahasa di berbagai belahan dunia.

Fokus Program: Transisi Bahasa Ibu – Bahasa

Program yang dilakukan oleh SIL bertujuan untuk meningkatkan akses dan kemampuan di bidang literasi dan numerasi bagi siswa kelas awal di 8 sekolah di komunitas yang menggunakan Bahasa Kodi, melalui penyusunan bahan bacaan dan pembelajaran aktif dalam dua bahasa (Bahasa Ibu dan Bahasa Indonesia) menggunakan software Bloom. Tujuan ini dicapai melalui kegiatan-kegiatan berikut ini: 1) Pengembangan asesmen ortografi dan vitalitas bahasa dalam Bahasa Kodi, 2) Pengembangan buku tematik berkonteks lokal (buku bacaan dan audio) untuk kelas awal, menggunakan perangkat lunak Bloom; 3) Pembentukan Pojok Membaca di kelas atau Taman Anak Pintar di komunitas terpilih di 2 gugus.

Lokasi: Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

Durasi: 12 September 2018 hingga 30 November 2019

Highlight program:

  • Meningkatnya praktik pengajaran guru
  • Meningkatnya jumlah pojok membaca
  • Meningkatnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan

Website: suluh.org

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada akhir tahun 2018 ini akan bekerja untuk memperkuat keterampilan literasi dasar dan mendukung guru untuk meningkatkan praktik mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selama beberapa bulan, para guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan pengajaran literasi dasar di kelas, termasuk membaca, memahami, menggunakan buku-buku besar, dan penilaian. Para guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan menerapkan kursus dalam kelompok kerja guru yang rutin, berbasis kelompok, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan pelatihan terjangkau dan dapat direplikasi. Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Program rintisan: Guru BAIK
search-Image

Program rintisan Guru BAIK (Belajar, Aspiratif, lnklusif, Kontekstual) memberikan dukungan kepada guru agar mampu mengusulkan, mengembangkan  dan  menguji   berbagai   solusi untuk mengatasi tantangan-tantangan pembelajaran yang mereka hadapi di ruang kelas. Melalui serangkaian lokakarya dan kegiatan mentoring di sekolah, para guru memperoleh dukungan  untuk menemukan  sendiri tantangan-tantangan pembelajaran yang dihadapi siswanya di ruang kelas. Kemudian mampu mengembangkan, menguji, meninjau kembali dan melakukan iterasi berbagai solusi yang berbeda-beda untuk mengatasi tantangan tersebut. Setelah melalui berbagai proses, guru pun mampu melakukan refleksi diri, meningkatkan   kompetensi dan kepercayaan  diri mereka dalam menyampaikan materi sesuai kurikulum, dan menggunakan teknik-teknik penilaian ruang kelas dan memecahkan tantangan pembelajaran di kelasnya. Program rintisan Guru BAIK di Sumba bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi tantangan pembelajaran, meningkatkan hasil pembelajaran dalam kompetensi dasar di 12 sekolah (delapan sekolah negeri dan tiga sekolah swasta) dari empat gugus di Sumba Barat Daya. Program rintisan ini telah selesai.

Di Mana Kami Bekerja