Lombok Tengah

Program Rintisan: Pendidikan Inklusif (Disabilitas) 2
search-Image

Program rintisan ini berfokus pada isu-isu pendidikan inklusi bagi anak-anak yang berkesulitan belajar. Kegiatan-kegiatannya berlangsung untuk memastikan bahwa kondisi tersebut lidak hanya dapat diidentifikasi oleh guru mereka,   tetapi   juga   agar   anak-anak   tersebut mampu berpartisipasi dan belajar sesuai dengan potensi   mereka.   Sebagai   hasil   dari   program rintisan  ini,  guru-guru  diharapkan   mampu  lebih baik dalam mengidentifikasi siswa yang memiliki kesulitan  belajar  (yang tentunya mempengaruhi hasil belajar mereka), serta mampu memenuhi kebutuhan setiap peserta didik di kelas.

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal & Penyediaan Buku Bacaan (Kemitraan dengan Forum Lingkar Pena)
search-Image

Forum Lingkar Pena, yang lebih dikenal dengan FLP, adalah organisasi penulis masa depan atau menjanjikan yang didirikan pada tahun 1997 oleh seorang penulis, Helvy Tiana Rosa. Dengan 157 anggota aktifnya, FLP saat ini tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri, dan para anggotanya telah menghasilkan banyak tulisan, baik fiksi maupun non-fiksi. Anggota FP berasal dari berbagai latar belakang, seperti mahasiswa, akademisi, ibu rumah tangga, dan kaum migran. Selain mencerahkan pembaca melalui tulisan, FLP juga mendukung program-program yang mendorong budaya membaca dan kecintaan untuk membaca.

Fokus Program: Penyusunan buku dan pelatihan inklusif    

Program yang diimplementasikan adalah mengembangkan dan memproduksi serangkaian Standar Buku Bacaan Anak Inklusif Berjenjang dengan topik-topik inklusi sosial guna meningkatkan kemampuan literasi siswa dan kesadaran akan pendidikan inklusif. Diskusi kelompok terfokus tentang linguistik dan inklusivitas diselenggarkaan dengan menghadirkan sejumlah pemangku kepentingan terkait di Indonesia, seperti tokoh literatur, ahli bahasa, psikolog, dan spesialis pendidikan inklusif. Pengadaan hingga 170 set buku yang masing-masing terdiri atas 21 buku, digunakan di sekolah-sekolah inklusif yang menjadi dampingan program di Lombok Tengah. Versi elektronik dari buku-buku tersebut juga menjadi sumber terbuka, jadi dapat diunggah ke situs web agar dapat diakses oleh masyarakat. Program ini mendukung pengarusutamaan sekolah inklusif di Lombok Tengah dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru agar dapat menggunakan buku-buku tersebut, dan mengadakan diskusi literasi dengan anggota FLP yang berkebutuhan khusus.

Lokasi: Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Durasi: 12 September 2018 hingga 11 September  2019

Highlight program:

  • Meningkatnya kemampuan literasi dasar siswa
  • Meningkatnya praktik pengajaran guru
  • Meningkatnya pemahaman aktor-aktor sekolah tentang hak-hak siswa penyandang disabilitas

Website: flp.or.id

Program rintisan: Pendidikan Inklusif – Disabilitas (SETARA)
search-Image

Program rintisan ini berfokus pada isu-isu pendidikan inklusi bagi anak-anak yang berkesulitan belajar. Kegiatan-kegiatannya berlangsung untuk memastikan bahwa kondisi tersebut lidak hanya dapat diidentifikasi oleh guru mereka,   tetapi   juga   agar   anak-anak   tersebut mampu berpartisipasi dan belajar sesuai dengan potensi   mereka.   Sebagai   hasil   dari   program rintisan  ini,  guru-guru  diharapkan   mampu  lebih baik dalam mengidentifikasi siswa yang memiliki kesulitan  belajar  (yang tentunya mempengaruhi hasil belajar mereka), serta mampu memenuhi kebutuhan setiap peserta didik di kelas. Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Di Mana Kami Bekerja