Sumba Barat Daya

Program Rintisan: Pengembangan bacaan kreatif dan materi pembelajaran dalam bahasa Kodi (kemitraan dengan SIL)
search-Image

Program rintisan ini bertujuan meningkatkan akses dan kompetensi literasi untuk siswa kelas awal SD pada 8 sekolah di 2 gugus sekolah, di dalam komunitas Kodi, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya, melalui pengembangan bacaan kreatif dan materi pembelajaran dalam dua bahasa (Bahasa ibu dan Bahasa nasional), menggunakan perangkat lunak pembuatan buku Bloom. Dengan perangkat lunak ini, SIL juga menawarkan solusi terhadap keterbatasan buku yang tersedia bagi anak-anak, baik menggunakan Bahasa Ibu mereka, yaitu Bahasa ‘Kodi’, atau Bahasa Indonesia.

Program Rintisan: Literasi Dasar di Kelas Awal
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada akhir tahun 2018 ini akan bekerja untuk memperkuat keterampilan literasi dasar dan mendukung guru untuk meningkatkan praktik mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selama beberapa bulan, para guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan pengajaran literasi dasar di kelas, termasuk membaca, memahami, menggunakan buku-buku besar, dan penilaian. Para guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan menerapkan kursus dalam kelompok kerja guru yang rutin, berbasis kelompok, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan pelatihan terjangkau dan dapat direplikasi.

Program rintisan: Guru BAIK
search-Image

Program rintisan Guru BAIK (Belajar, Aspiratif, lnklusif, Kontekstual) memberikan dukungan kepada guru agar mampu mengusulkan, mengembangkan  dan  menguji   berbagai   solusi untuk mengatasi tantangan-tantangan pembelajaran yang mereka hadapi di ruang kelas. Melalui serangkaian lokakarya dan kegiatan mentoring di sekolah, para guru memperoleh dukungan  untuk menemukan  sendiri tantangan-tantangan pembelajaran yang dihadapi siswanya di ruang kelas. Kemudian mampu mengembangkan, menguji,   meninjau kembali dan melakukan iterasi berbagai solusi yang berbeda-beda untuk mengatasi tantangan tersebut. Setelah melalui berbagai proses, guru pun mampu melakukan refleksi diri, meningkatkan   kompetensi dan kepercayaan  diri mereka dalam menyampaikan materi sesuai kurikulum, dan menggunakan teknik-teknik penilaian ruang kelas dan memecahkan tantangan pembelajaran di kelasnya.

Program rintisan Guru BAIK di Sumba bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi tantangan pembelajaran, meningkatkan hasil pembelajaran dalam kompetensi dasar di 12 sekolah (delapan sekolah negeri dan tiga sekolah swasta) dari empat gugus di Sumba Barat Daya. Program rintisan ini berjalan sejak paruh pertama tahun 2018.

Di Mana Kami Bekerja