Sumenep

Program Rintisan: Literasi dan Numerasi Kelas Awal (Kemitraan dengan LP Ma’arif NU)
search-Image

 

Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) merupakan unit di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) yang menerapkan kebijakan pendidikan Nahdlatul Ulama di tingkat Dewan Eksekutif, Pelaksana Daerah, Manajer Cabang, dan Wakil Manajer Cabang.  LP Ma’arif NU telah aktif terlibat dalam proses mengembangkan pendidikan di Indonesia. Secara kelembagaan, LP Ma’arif NU juga telah mendirikan sekolah dan madrasah, mulai dari tingkat dasar, menengah, dan atas. Hingga kini terdapat lebih dari 6000 lembaga pendidikan di seluruh negeri yang berada di bawah LP Ma’arif NU, mulai dari TK / RA, SD / MI, SMP / MTs, SMA / SMK / MA, hingga beberapa universitas. Ma’arif NU, melalui skema hibah INOVASI, memperluas modul literasi dan numerasi INOVASI dengan menggunakan KKG sebagai wadah untuk memberikan pelatihan dan refleksi dari pendampingan selama sesi pelatihan. Program perluasan ini meliputi literasi di Sumenep dan Pasuruan; dan numerasi di Sidoarjo, bekerja dengan 10 madrasah di setiap kabupaten. Tujuannya secara umum adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas awal melalui peningkatan kompetensi guru dalam mengajar serta peningkatan dukungan dari pemangku kepentingan sekolah lainnya dan pemangku kepentingan kabupaten. Melalui jejaring dan struktur organisasinya, Ma’arif NU akan memperkuat kolaborasi dengan masyarakat luas.

Fokus Program: Literasi dan Numerasi        

Program yang diimplementasikan LP Maarif NU bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran literasi dan numerasi kelas awal di 10 sekolah mitra di Kabupaten Sumenep, Sidoarjo, dan Pasuruan. Bekerja sama dengan siswa, guru, kepala sekolah, dan komite sekolah, program percontohan ini menangani berbagai tantangan, termasuk bagaimana guru memahami proses numerasi dan pembelajaran di kelas awal, kapasitas mereka dalam mengelola kelas, dan pembelajaran numerasi siswa.

Lokasi: Sidoarjo (Numerasi), Pasuruan (literasi), Sumenep (Literasi)

Durasi: 22 Maret 2019 hingga 30 Novemebr 2019

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal 2
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada Juli 2019 ini melanjutkan unit-unit dari short course literasi 1 pada paruh pertama 2019. Dalam tindak lanjut program rintisan ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan literasi untuk kelas awal di kelas, termasuk membaca terbimbing, penilaian formatif, dan menjalankan catatan. Guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan mengimplementasikan kursus dalam pertemuan kelompok kerja guru yang rutin, berbasis gugus, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan kursus terjangkau dan dapat diimplementasikan lebih luas.

Program Rintisan: Numerasi Kelas Awal (Kemitraan dengan BINUS)
search-Image

Universitas Bina Nusantara adalah lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk memajukan Indonesia dan membangun komunitas global melalui pendidikan dan teknologi. Selain memberikan pengalaman belajar mengajar bagi siswa, BINUS juga melaksanakan kegiatan pelayanan masyarakat dan penelitian untuk meningkatkan kesadaran untuk mengembangkan inovasi di seluruh Indonesia, terutama di bidang pendidikan.

Fokus Program: Numerasi

Program INOVASI dan Universitas BINUS bertujuan untuk meningkatkan hasil-hasil numerasi (terutama dalam kompetensi angka inti) bagi para siswa di kelas 1-3 di 17 sekolah di Kota Sumenep, di dalam Kabupaten Sumenep. Program ini selaras dengan Kurikulum Nasional 2013 dan akan menggunakan media belajar mengajar sederhana yang dibuat oleh BINUS.  BINUS berkolaborasi dengan STKIP PGRI Sumenep terkait implementasi teknis dari pelatihan guru. Selain pelatihan untuk guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah, orang tua juga dilatih bagaimana mendukung anak-anak untuk belajar di rumah. Program yang berfokus pada konsep numerasi inti dan dilaksanakan oleh BINUS di Kota Sumenep, dapat digunakan sebagai model untuk mengadvokasi Kabupaten Sumenep, dan lebih meningkatkan kualitas pendidikan – terutama di kelas awal.

Lokasi: Sumenep, Jawa Timur

Durasi: 12 September 2018 hingga 11 September 2019

Highlight program:

  • Meningkatnya hasil pembelajaran siswa di bidang numerasi
  • Meningkatnya sikap guru terhadap siswa
  • Meningkatnya minat siswa terhadap mata pelajaran yang mengandung numerasi

Website: binus.ac.id

Program rintisan: Literasi Kelas Awal
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada akhir tahun 2018 ini akan bekerja untuk memperkuat keterampilan literasi dasar dan mendukung guru untuk meningkatkan praktik mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selama beberapa bulan, para guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan pengajaran literasi dasar di kelas, termasuk membaca, memahami, menggunakan buku-buku besar, dan penilaian. Para guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan menerapkan kursus dalam kelompok kerja guru yang rutin, berbasis kelompok, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan pelatihan terjangkau dan dapat direplikasi. Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Di Mana Kami Bekerja