Belajar Sambil Bermain Dengan ‘Ultrasi’, Si Ular Tangga Numerasi

Program peningkatan kemampuan numerasi siswa di jenjang kelas awal SD/MI telah diimplementasikan di Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2018. Hal ini dengan pertimbangan bahwa pelajaran matematika masih menjadi pelajaran yang dianggap menakutkan bagi siswa. Setelah program dilaksanakan selama kurang lebih satu tahun, dampak yang terlihat ternyata luar biasa, terutama para guru yang kini menggunakan media pembelajaran yang menarik agar siswa lebih tertarik belajar matematika. Ini salah satu ide media pembelajaran yang dibuat oleh guru sekaligus fasilitator program.


Alangkah senangnya bermain ular tangga. Apalagi bila ternyata sambil bermain ular tangga, anak bisa sekaligus belajar matematika. Dalilatus Sholihah, S.Pd, guru MI Darussalam, Candi, Sidoarjo, Jawa Timur membuat media pembelajaran ini agar siswa-siswanya lebih tertarik dan senang belajar matematika. Permainan ular tangga matematika ini ia beri nama ‘Ultrasi’ yang merupakan singkatan dari ‘Ular Tangga Numerasi’.

Permainan ular tangga yang berisikan 100 soal numerasi ini memiliki daya tarik sendiri bagi siswa-siswanya yang duduk di kelas 1.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, dan model belajar sambil bermain Ultrasi ini mampu membuat siswa enggan beranjak.

Permainan ini bisa dimainkan berpasangan (dua siswa), di mana setiap siswa secara bergantian akan melempar dadu dan melangkah sesuai jumlah angka dadu. Setiap berhenti di kotak permainan sesuai angka dadu, siswa akan mendapatkan suatu pertanyaan. Apabila anak tersebut tidak bisa menjawab, maka ia tidak bisa melanjutkan perjalanan hingga ke angka 100.

Siswa pun merasa senang dengan permainan Ultrasi ini. Sambil bermain, mereka pun merasa tertantang dengan pertanyaan yang mereka dapatkan setiap melangkah maju di kotak permainan.

Dalilatus pun akan terlebih dahulu menyiapkan soal-soal pertanyaan sesuai dengan tema pelajaran yang saat itu sedang dipelajari di kelasnya. Dengan demikian, soal-soal bisa dengan mudah diubah sesuai kebutuhan.

Belajar Sambil Bermain Dengan ‘Ultrasi’, Si Ular Tangga Numerasi