Temu INOVASI #1: Praktik Inovasi Pembelajaran – Peluang dan Tantangan

 Jakarta, 24 Mei 2018Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud bersama program kemitraan antara pemerintah Australia dan Indonesia, INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia), menyelenggarakan forum diskusi pendidikan Temu INOVASI yang mengangkat tema “Praktik Inovasi Pembelajaran: Peluang dan Tantangan”. Acara yang digelar di Aula Perpustakaan Kemendikbud ini merupakan pertama kalinya digelar di tingkat pusat. Sebelumnya, sejumlah forum diskusi pendidikan Temu INOVASI telah digelar di berbagai kabupaten dan provinsi mitra pelaksana program INOVASI, yaitu di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mengusung tema “Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan”. Bapak Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam pidatonya menekankan tentang pentingnya penguatan pendidikan dan pemajuan kebudayaan. Tentunya, membangun dan memperkuat infrastruktur harus pula disertai dengan pembangunan manusia pendidikan  terutama guru. Guru mempunyai andil besar dalam mencipta pribadi-pribadi yang berdaya saing dan berintegritas.

Kondisi Indonesia yang sangat heterogen merupakan modal sekaligus tantangan bagi pembangunan pendidikan  di setiap daerah. Untuk menjawab tantangan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  terus memberikan dukungan kepada dinas pendidikan provinsi dan dinas pendidikan kabupaten/kota. Salah satu upaya Kemendikbud untuk meningkatkan mutu hasil pembelajaran siswa di berbagai daerah adalah berupa kerjasama bilateral (2016 – 2019) dengan Pemerintah Australia melalui kemitraan Program INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia). Karena berfokus pada peningkatan literasi, numerasi dan inklusi, INOVASI pun mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk semua anak Indonesia.

Temu INOVASI #1: Praktik Inovasi Pembelajaran – Peluang dan Tantangan