Kunjungan Ma’arif NU, Kedubes Australia, dan INOVASI ke Sidoarjo dan Pasuruan

Pemantauan bersama atas pelaksanaan program peningkatan mutu pembelajaran yang dilaksanakan di Kabupaten Sidoarjo dan Pasuruan, Jawa Timur

 

 Sidoarjo dan Pasuruan, 18 – 19 Oktober 2019 – Selama dua hari ini, perwakilan dari Ma’arif NU, Kedutaan Besar Australia di Jakarta, serta Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) melakukan kunjungan ke kabupaten Sidoarjo dan Pasuruan, Jawa Timur. Pada kesempatan tersebut, kunjungan dilakukan untuk melihat perkembangan program INOVASI di sekolah-sekolah pelaksana program yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran, serta mendengar langsung dari para guru tentang pengalaman dan perubahan yang terjadi setelah mengikuti program.

INOVASI merupakan program kemitraan antara pemerintah Australia dan Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam hal pembelajaran literasi dan numerasi kelas awal. Sejak akhir tahun 2018, INOVASI bersama organisasi Islam terkemuka Ma’arif NU menjalin kemitraan dalam rangka menyebarluaskan dan juga terus melaksanakan berbagai kegiatan yang terbukti mampu memperkuat mutu pendidikan dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Pada awal tahun ini, Ma’arif NU mulai mengimplementasikan program Literasi Kelas Awal di Jawa Timur melalui program kemitraan dan hibah INOVASI. Kerjasama ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 25 Mei 2019 di Surabaya. Melalui program kemitraan dan hibah ini, Ma’arif NU menerapkan berbagai pendekatan untuk meningkatkan hasil pembelajaran literasi siswa kelas awal di 30 sekolah yang tersebar di kabupaten Sidoarjo, Sumenep dan Pasuruan.

Bekerja dengan siswa, guru, kepala sekolah dan komite sekolah, program rintisan ini berupaya untuk mengatasi tantangan pembelajaran, termasuk tentang pemahaman guru terkait pembelajaran literasi di kelas awal; keterampilan guru mengelola kelas; variasi penggunaan media; serta upaya-upaya untuk meningkatan hasil belajar literasi siswa. Program ini juga bertujuan untuk memperkuat dukungan orangtua dan kepala sekolah terhadap pengajaran dan pembelajaran yang bermutu, termasuk penyediaan alat dan bahan belajar yang efektif.

Setelah setahun pelaksanaan program, hasil yang positif dan kemajuan di sekolah-sekolah mitra Ma’arif NU di empat kabupaten telah nampak. Selain itu, ada banyak praktik-praktik peningkatan hasil pembelajaran siswa yang sudah diterapkan di kelas.

“Kemitraan antara INOVASI dan Ma’arif NU adalah upaya yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia,” kata Kyai Zaenal Arifin Junaedi, Ketua LP Maarif NU.

Lebih lanjut, Michelle Lowe, Konselor bidang Pembangunan Manusia, Kedutaan Besar Australia di Jakarta mengatakan, “Kemitraan INOVASI dengan Ma’arif NU ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam di Jawa Timur, khususnya di sekolah-sekolah Ma’arif NU. Setelah satu tahun pelaksanaan program, hasil positif dan kemajuan di madrasah mitra Ma’arif NU di ketiga kabupaten mulai terlihat. Beberapa praktik yang menjanjikan pun telah dikembangkan, dan kami berkesempatan untuk mengamati langsung selama kunjungan pemantauan ini.”

Sekilas Tentang INOVASI

 INOVASI ( INOVASI untuk Anak-anak Sekolah Indonesia) adalah program kemitraan pendidikan Pemerintah Indonesia dan Australia yang bertujuan untuk menemukan dan memahami cara-cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa – terutama yang berkatan dengan keterampilan literasi dan numerasi, baik di kelas maupun di sekolah. Bekerja dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, INOVASI telah membangun kemitraan dengan 17 kabupaten yang tersebar di empat provinsi, termasuk Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur. Program ini akan berjalan dari 2016 – 2020 dan dikelola oleh Palladium atas nama Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT).

Untuk informasi lebih lanjut tentang program INOVASI, kunjungi situs webnya di www.inovasi.or.id atau kunjungi halaman Facebook kami: https://facebook.com/InovasiPendidikanAIP/.

 

 Tentang Ma’arif NU

Ma’arif NU adalah salah satu asosiasi Islam terbesar dan terkemuka di Indonesia, mengelola sejumlah besar sekolah dasar di bawah Kementerian Agama. Dengan kehadiran yang signifikan dalam sektor pendidikan, Ma’arif NU mempromosikan budaya lokal dan toleransi beragama di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

 

Dian Kusuma Dewi

Communication Officer, INOVASI Provinsi Jawa Timur

Phone 08111502034, email: dian.dewi@thepalladiumgroup.com

 Stephanie Carter

Communications Manager, INOVASI

Phone 0811 870 7970, email: stephanie.carter@thepalladiumgroup.com

***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunjungan Ma’arif NU, Kedubes Australia, dan INOVASI ke Sidoarjo dan Pasuruan