Menemukan metode pembelajaran baru di Bima

Terletak di bagian timur pulau Sumbawa, dan mempunyai konteks budaya yang unik, Bima memiliki tantangan tersendiri di bidang pendidikan. Dengan jumlah penduduk lebih dari 400.000 orang, dan tingkat putus sekolah sebesar 11%, program pendidikan di Bima pada periode 2016-2017 difokuskan pada kualitas dan kompetensi guru. Haerunnisa adalah salah satu Fasilitator Daerah (Fasda) INOVASI dan seorang guru dari Kabupaten Bima. Bagi…


Mengajar anak dengan hambatan belajar di Lombok Tengah

Di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, INOVASI mengimplementasikan program rintisan untuk peningkatan kualitas pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) atau dikenal dengan sebutan program rintisan SETARA. Perhatian terhadap ABK memang terus ditingkatkan pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, karena pendidikan inklusif bagi ABK memang menjadi prioritas di daerah yang tercatat sebagai salah satu daerah di Indonesia dengan capaian tertinggi dalam hal pendidikan inklusif. INOVASI…


Fasilitator Daerah Lombok Tengah belajar lebih banyak tentang pendidikan inklusi

Di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, INOVASI mengimplementasikan program rintisan untuk peningkatan kualitas pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) atau dikenal dengan sebutan program rintisan SETARA. Perhatian terhadap ABK memang terus ditingkatkan pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, karena pendidikan inklusif bagi ABK memang menjadi prioritas di daerah yang tercatat sebagai salah satu daerah di Indonesia dengan capaian tertinggi dalam hal pendidikan inklusif. …


Menemukan masalah dan solusi pembelajaran di Kalimantan Utara

Oleh Priscillia Clara Suatan, MERL Officer Kalimantan Utara Di Kalimantan Utara dan seluruh kabupaten dan provinsi mitranya, INOVASI menggunakan pendekatan khas dalam mengembangkan berbagai program rintisannya untuk mencari tahu cara-cara yang terbukti berhasil dan tidak berhasil dalam meningkatkan hasil pembelajaran literasi dan numerasi siswa. Pendekatan ini menggunakan prinsip yang dikenal dengan sebutan Problem Driven Iterative Adaptation (PDIA). Dengan pendekatan ini,…


INOVASI dukung pemerintah kabupaten Dompu susun peta jalan pendidikan

Program INOVASI telah mengidentifikasi Kabupaten Dompu sebagai kabupaten dengan tingkat kemampuan literasi dan numerasi siswa yang rendah, dibandingkan dengan kabupaten mitra Program INOVASI lainnya di NTB. Kabupaten Dompu memiliki tenaga pengajar guru dalam jumlah besar, namun sayangnya, penyebaran guru tidak merata. Fenomena ini menjadi alasan mengapa Dompu menjadi kabupaten pertama yang mengembangkan peta jalan (roadmap) pendidikan bidang literasi dan numerasi….