Tantangan dan mispersepsi: penilaian formatif di Sumbawa dan Lombok Utara

Di negara-negara di seluruh dunia, penilaian formatif tetap merupakan alat utama di tingkat kelas untuk memberi informasi kepada guru, orangtua dan pembuat kebijakan tentang seberapa baik siswa belajar, dan bagaimana kinerja sekolah di kerangka nasional standar pendidikan. Biasanya, tugas penilaian formatif diberikan kepada siswa di unit kerja tertentu, untuk memeriksa kemajuan dan membantu menyempurnakan pembelajaran sehingga siswa tetap berada di…


Pertama di Indonesia: Bulungan gunakan BOSDA untuk suplai buku bacaan di sekolah

Pertumbuhan minat membaca yang kuat di Kalimantan Utara, dan juga di banyak wilayah di Indonesia, tetap merupakan pekerjaan yang sedang berjalan. Hasil Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) yang dilakukan oleh Kemendikbud RI menunjukkan nilai rata-rata literasi membaca untuk Kalimantan Utara adalah dua poin di bawah rata-rata nasional (RPSA Kaltara 2017). Dengan angka tersebut, Kaltara terus mendorong Gerakan Literasi Nasional (GLS)…


Jurnalis dan pemangku kepentingan media mendiskusikan pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan di Waingapu

Setelah penandatanganan MoU dengan Nusa Tenggara Timur pada bulan November 2017, Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) telah memulai pelaksanaan program di empat kabupaten di Pulau Sumba – termasuk Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan rintisan, INOVASI menempatkan berbagi pengalaman dan pembahasan sebagai inti kegiatan program. Pemangku kepentingan media lokal memainkan…


Solusi lokal untuk masalah lokal: pengawas sekolah mengeksplorasi tantangan bahasa dan pembelajaran di Sumba Timur

Di Sumba Timur dan seluruh kabupaten dan provinsi mitranya, INOVASI menggunakan pendekatan khas dalam mengembangkan berbagai program rintisannya untuk mencari tahu cara-cara yang terbukti berhasil dan tidak berhasil dalam meningkatkan hasil pembelajaran literasi dan numerasi siswa. Pendekatan ini menggunakan prinsip yang dikenal dengan sebutan Problem Driven Iterative Adaptation (PDIA). Dengan pendekatan ini, INOVASI bekerja dan memetik pelajaran secara langsung dengan…


INOVASI membahas hasil pra-rintisan 2017 dan rencana 2018 di NTB

INOVASI dan para pemangku kepentingan di NTB telah saling belajar dan bekerjasama sebagai upaya mengembangkan inovasi dan solusi lokal, serta meningkatkan kualitas pendidikan di NTB. Paruh kedua tahun 2017 merupakan periode kunci bagi INOVASI, di mana lima program rintisan (pilot) telah dirancang untuk enam kabupaten mitra INOVASI di NTB. Hasil temuan dan pembelajaran yang diperoleh pun perlu untuk diketahui oleh…