Tentang Inovasi

Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) merupakan program kemitraan antara pemerintah Australia dengan pemerintah Indonesia. Bekerja langsung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), INOVASI berupaya memahami cara-cara untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa di sekolah-sekolah yang ada di berbagai kabupaten di Indonesia, terutama dalam hal kemampuan literasi dan numerasi. Program INOVASI diimplementasikan di beberapa daerah di Indonesia dan menggunakan pendekatan khas yang berfokus pada solusi lokal dalam mengembangkan berbagai macam program rintisan (pilot) dan dalam menemukan cara-cara yang terbukti berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Berita Terbaru

Selengkapnya

Lombok Tengah Merumuskan Program Strategis untuk Pendidikan Inklusi

Pada tahun 2012, Kabupaten Lombok Tengah mendeklarasikan diri sebagai ‘Kabupaten Inklusi’, dengan fokus berkelanjutan pada pendidikan inklusif. Pemerintah daerah terus mendukung upaya yang akan membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus di kelas, termasuk cacat dan kesulitan belajar. INOVASI dengan senang hati mendukung Lombok Tengah dengan agenda ini, termasuk melalui program rintisannya yang berfokus pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus,…

Selengkapnya

Guru belajar strategi penilaian dan pembelajaran yang efektif di Dompu

Di Dompu, salah satu dari enam kabupaten mitra INOVASI di NTB, para guru dan kepala sekolah telah terlibat dalam sebuah uji coba yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas dan kualitas pengajaran dan pembelajaran mereka. Dengan menggunakan pendekatan ‘solusi lokal untuk masalah-masalah lokal’, program rintisan Guru BAIK (Belajar, Aspiratif, Inklusif, dan Kontekstual) sekarang sedang berjalan, mendukung para guru untuk mengembangkan dan menguji…

Selengkapnya

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran yang Menyenangkan di Sumbawa

Di Sumbawa, salah satu dari enam kabupaten mitra INOVASI di NTB, para guru dan kepala sekolah telah terlibat dalam sebuah uji coba yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas dan kualitas pengajaran dan pembelajaran mereka. Dengan menggunakan pendekatan ‘solusi lokal untuk masalah-masalah lokal’, program rintisan Guru BAIK (Belajar, Aspiratif, Inklusif, dan Kontekstual) sekarang sedang berjalan, mendukung para guru untuk mengembangkan dan menguji…

Selengkapnya

Perluasan program rintisan INOVASI kepada guru non-mitra di Lombok Tengah

Setelah menandatangani kemitraan tingkat provinsi resmi pertamanya dengan Nusa Tenggara Barat (NTB) di pertengahan 2016, program INOVASI melaksanakan program rintisan pertamanya di Kabupaten Lombok Utara dan Sumbawa di paruh pertama 2017. Guru BAIK (Belajar, Aspiratif, Inklusif, dan Kontekstual) merupakan pengejawantahan dari namanya: aspiratif, inklusif, dan pembelajaran secara kontekstual. Dengan kata lain, guru-guru yang baik adalah mereka yang mau belajar dan…

Selengkapnya

Pemangku kepentingan di Sumbawa Barat dorong kebijakan strategis untuk tingkatkan mutu pendidikan dasar

Sebagai salah satu dari enam kabupaten mitra INOVASI di Provinsi NTB, Kabupaten Sumbawa Barat berkomitmen untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas awal dengan mengimplementasikan program rintisan Guru BAIK (Belajar – Aspiratif – Inklusif – Kontekstual) yang sudah tertuang dalam rencana daerah dan APBD dan terlibat aktif dalam program rintisan peningkatan pembelajaran literasi tahap awal (PELITA). Sejumlah pejabat daerah Kabupaten Sumbawa…

Selengkapnya

Guru di Dompu kembangkan gagasan solusi pembelajaran yang sederhana dan kreatif

Keterampilan mengajar berkualitas tinggi adalah suatu keharusan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kelas. Selain itu, penting bagi guru untuk dapat mengidentifikasi dan menjawab kebutuhan belajar siswa. Di INOVASI, guru sering diminta untuk merefleksikan apa yang membuat pendidik yang baik. Apakah cukup hanya memberikan sebuah pelajaran? Apa lagi yang diperlukan untuk memastikan bahwa siswa belajar? Di Dompu, salah satu dari enam…

Selengkapnya

Publikasi Terbaru

Selengkapnya

Berita INOVASI Kalimantan Utara – April-Juli 2018

Bekerja dengan para pemangku kepentingan di daerah dalam menemukan solusi untuk tantangan pembelajaran yang ditemui di Kalimantan Utara.

Selengkapnya

Berita INOVASI Jawa Timur – April-Juli 2018

Bekerja dengan para pemangku kepentingan di daerah dalam menemukan solusi untuk tantangan pembelajaran yang ditemui di Jawa Timur.

Selengkapnya

Berita INOVASI Nusa Tenggara Timur – April-Juli 2018

Bekerja dengan para pemangku kepentingan di daerah dalam menemukan solusi untuk tantangan pembelajaran yang ditemui di Nusa Tenggara Timur.

Selengkapnya

Berita INOVASI Nusa Tenggara Barat – April-Juli 2018

Bekerja dengan para pemangku kepentingan di daerah dalam menemukan solusi untuk tantangan pembelajaran yang ditemui di Nusa Tenggara Barat.

Selengkapnya

Ide-ide Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sumba Barat Daya

Program INOVASI di Kabupaten Sumba Barat Daya baru dimulai pada awal tahun 2018 setelah adanya penandatanganan MoU antara Pemerintah Pusat yang diwakili oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Gubernur NTT yang juga dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Gubernur NTT dan Bupati Sumba Barat Daya. Program rintisan yang disepakati untuk dilaksanakan adalah Guru BAIK (Belajar – Aspiratif – Inklusif…

Selengkapnya

Infografik: Buku Bacaan untuk Siswa Kelas Awal – Kalimantan Utara

Hasil Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016, menunjukkan 46,83% pelajar kelas 4 SD tergolong kurang mampu membaca. AKSI juga menemukan masalah utama dalam meningkatkan nilai rata-rata kemampuan membaca siswa kelas 4 SD di Kalimantan Utara (Kaltara) berada dua poin di bawah nilai rata-rata nasional. Pendalaman hasil AKSI di Kaltara yang dilakukan INOVASI melalui kegiatan RPSA…

Selengkapnya

Galeri Video

Selengkapnya

HALO NUSA TENGGARA BARAT!

Apakah Anda seorang guru SD/MI di Nusa Tenggara Barat yang memiliki ide pembelajaran inovatif? Kami mencari ide-ide pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD di kelas – baik dalam hal literasi (membaca), numerasi (berhitung), ataupun dalam hal pendidikan inklusi.

Selengkapnya