Sumber Belajar
Home/ Publikasi/ Sumber Belajar

BUKU CERITA
Ijo Balit dan Sepasang Sungai
Penulis: Ziadah ZiadIlustrator: Lalu Ade Sukmajayadi Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten
Memasang Bubu
Penulis: Afita Martalia Andrinas Putri Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tana
Gemar Berolahraga
Penulis: Margaretha Bili BoboIlustrator : I Ketut Gede Padmanaba, S.Pd. Buku bacaan anak tentang berolahraga yang kembangkan oleh program INOVASI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaann Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur 2021-public-INOVASI-gemar-berolahragaDownload
Cerita Anak dari Kalimantan Utara: Perkedel Ikan Bubuk
Buku digital ini berkisah tentang Kak Dayang dan Aji asal Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara dan tangkapan ikan bubuknya. 2021-public-INOVASI-seri-buku-besar-kaltara-malinau-perkedel-ikan-bubukDownload
CERITA & PRAKTIK BAIK
Papan Kata untuk Belajar dengan Metode Jembatan Bahasa
Di Kabupaten Bima, NTB, penggunaan bahasa daerah memang sangat dominan di keseharian masyarakatnya termasuk anak-anak. Sebuah kondisi yang kemudian menjadi tantangan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak-anak masih kesulitan memahami pelajaran yang diberikan. Salah
Tidak Ada Perpustakaan? Pustaka Mini Bisa Jadi Solusi
Upaya untuk menarik minat baca siswa di SD Negeri Wee Lalaka di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, terus dilakukan oleh guru-guru dan kepala sekolah.
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tinggi Siswa (HOTS) dengan Big Book
Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Lorin Anderson menyatakan ada enam tingkatan pemikiran dalam sebuah proses pembelajaran yaitu 1) mengetahui, 2) memahami, 3) mengaplikasikan, 4) menganalisis, 5) mengevaluasi, dan 6) mencipta/mengkreasi. Tingkat 1-3 disebut sebagai
Belajar S-P-O dengan Media Pembelajaran ‘Papan Pintar Literasi’
Sebagai guru yang mengajar di kelas 1, tantangan terbesar yang dihadapi Nurul Ainia, S.Pd, guru Kelas 1 SDN Ngampelsari Sidoarjo, adalah dalam hal mengajarkan anak membaca, termasuk menyusun kata menjadi sebuah kalimat. Menurut pengamatannya, banyak
Memanfaatkan Benda-Benda Sekitar untuk Belajar Berhitung dengan Lebih Menyenangkan
Menjadi guru tidaklah mudah. Dengan tantangan pendidikan yang semakin besar dan dihadapkan dengan perubahan zaman yang semakin modern, guru saat ini dituntut untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu untuk Menyiapkan Generasi Abad Ke-21
Beberapa tahun belakangan ini, keterampilan 4C marak diperbicangkan. Keterampilan yang disebut-sebut sebagai kemampuan dasar untuk menyambut abad ke-21 terdiri dari Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation. Berdasarkan Kerangka Kerja Pembelajaran
Belajar Sambil Bermain Dengan ‘Ultrasi’, Si Ular Tangga Numerasi
Program peningkatan kemampuan numerasi siswa di jenjang kelas awal SD/MI telah diimplementasikan di Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2018. Hal ini dengan pertimbangan bahwa pelajaran matematika masih menjadi pelajaran yang dianggap menakutkan bagi siswa. Setelah program
Dari Pembelajaran yang ‘Apa Adanya’ Menjadi ‘Ada Apanya’
Meskipun pembelajaran yang berpusat pada siswa telah lama digaungkan, tapi tampaknya tidak semua sekolah memiliki kapasitas untuk mengadopsi konsep tersebut. Di beberapa daerah dengan akses terhadap sumber daya yang cukup memadai pun belum sepenuhnya menerapkan
INFOGRAFIS
INOVASI Fase 3
Pada fase 3 ini, INOVASI berfokus pada menjembatani kesenjangan antara kebijakan nasional dan pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota dan sekolah, serta memperkuat ekosistem pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Harapannya pada 2031, Indonesia memiliki dan menerapkan kebijakan serta
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak” untuk
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual” untuk mengetahui
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus” untuk











