Sumber Belajar

BUKU CERITA

Ijo Balit dan Sepasang Sungai

Penulis: Ziadah ZiadIlustrator: Lalu Ade Sukmajayadi Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten

Memasang Bubu

Penulis: Afita Martalia Andrinas Putri Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tana

Gemar Berolahraga

Penulis: Margaretha Bili BoboIlustrator : I Ketut Gede Padmanaba, S.Pd. Buku bacaan anak tentang berolahraga yang kembangkan oleh program INOVASI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaann Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur 2021-public-INOVASI-gemar-berolahragaDownload

Cerita Anak dari Kalimantan Utara: Perkedel Ikan Bubuk

Buku digital ini berkisah tentang Kak Dayang dan Aji asal Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara dan tangkapan ikan bubuknya. 2021-public-INOVASI-seri-buku-besar-kaltara-malinau-perkedel-ikan-bubukDownload

CERITA & PRAKTIK BAIK

Papan Kata untuk Belajar dengan Metode Jembatan Bahasa

Di Kabupaten Bima, NTB, penggunaan bahasa daerah memang sangat dominan di keseharian masyarakatnya termasuk anak-anak. Sebuah kondisi yang kemudian menjadi tantangan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak-anak masih kesulitan memahami pelajaran yang diberikan. Salah

Tidak Ada Perpustakaan? Pustaka Mini Bisa Jadi Solusi

Upaya untuk menarik minat baca siswa di SD Negeri Wee Lalaka di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, terus dilakukan oleh guru-guru dan kepala sekolah.

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tinggi Siswa (HOTS) dengan Big Book

Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Lorin Anderson menyatakan ada enam tingkatan pemikiran dalam sebuah proses pembelajaran yaitu 1) mengetahui, 2) memahami, 3) mengaplikasikan, 4) menganalisis, 5) mengevaluasi, dan 6) mencipta/mengkreasi. Tingkat 1-3 disebut sebagai

Belajar S-P-O dengan Media Pembelajaran ‘Papan Pintar Literasi’

Sebagai guru yang mengajar di kelas 1, tantangan terbesar yang dihadapi Nurul Ainia, S.Pd, guru Kelas 1 SDN Ngampelsari Sidoarjo, adalah dalam hal mengajarkan anak membaca, termasuk menyusun kata menjadi sebuah kalimat. Menurut pengamatannya, banyak

Memanfaatkan Benda-Benda Sekitar untuk Belajar Berhitung dengan Lebih Menyenangkan

Menjadi guru tidaklah mudah. Dengan tantangan pendidikan yang semakin besar dan dihadapkan dengan perubahan zaman yang semakin modern, guru saat ini dituntut untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu untuk Menyiapkan Generasi Abad Ke-21

Beberapa tahun belakangan ini, keterampilan 4C marak diperbicangkan. Keterampilan yang disebut-sebut sebagai kemampuan dasar untuk menyambut abad ke-21 terdiri dari Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation. Berdasarkan Kerangka Kerja Pembelajaran

Belajar Sambil Bermain Dengan ‘Ultrasi’, Si Ular Tangga Numerasi

Program peningkatan kemampuan numerasi siswa di jenjang kelas awal SD/MI telah diimplementasikan di Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2018. Hal ini dengan pertimbangan bahwa pelajaran matematika masih menjadi pelajaran yang dianggap menakutkan bagi siswa. Setelah program

Dari Pembelajaran yang ‘Apa Adanya’ Menjadi ‘Ada Apanya’

Meskipun pembelajaran yang berpusat pada siswa telah lama digaungkan, tapi tampaknya tidak semua sekolah memiliki kapasitas untuk mengadopsi konsep tersebut. Di beberapa daerah dengan akses terhadap sumber daya yang cukup memadai pun belum sepenuhnya menerapkan

INFOGRAFIS

INOVASI Fase 3

Pada fase 3 ini, INOVASI berfokus pada menjembatani kesenjangan antara kebijakan nasional dan pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota dan sekolah, serta memperkuat ekosistem pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Harapannya pada 2031, Indonesia memiliki dan menerapkan kebijakan serta

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak” untuk

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual” untuk mengetahui

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus” untuk