Sumber Belajar
Home/ Publikasi/ Sumber Belajar

BUKU CERITA
Ijo Balit dan Sepasang Sungai
Penulis: Ziadah ZiadIlustrator: Lalu Ade Sukmajayadi Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten
Memasang Bubu
Penulis: Afita Martalia Andrinas Putri Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tana
Gemar Berolahraga
Penulis: Margaretha Bili BoboIlustrator : I Ketut Gede Padmanaba, S.Pd. Buku bacaan anak tentang berolahraga yang kembangkan oleh program INOVASI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaann Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur 2021-public-INOVASI-gemar-berolahragaDownload
Cerita Anak dari Kalimantan Utara: Perkedel Ikan Bubuk
Buku digital ini berkisah tentang Kak Dayang dan Aji asal Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara dan tangkapan ikan bubuknya. 2021-public-INOVASI-seri-buku-besar-kaltara-malinau-perkedel-ikan-bubukDownload
CERITA & PRAKTIK BAIK
Literasi, Numerasi, dan Pendidikan Karakter Tercakup dalam Sasaran Strategis Revisi RPJMD Kabupaten Nagekeo
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nagekeo NTT bersama Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah merencanakan literasi, numerasi dan pendidikan karakter masuk dalam revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Revisi ini dilakukan mengingat penguasaan
Penyederhanaan dan Pembuatan Media Pembelajaran sesuai Kompetensi Dasar Kurikulum Khusus di NTT
Training of Traininers (ToT) Pembelajaran di Masa Pandemi kembali digelar di Kabupaten Sumba Timur dan Nagekeo 16-18 Maret 2021. Pelatihan yang digunakan akan masih sama dengan materia yang digunakan pada ToT sebelumnya di Kabupaten Sumba
Temu Inovasi #11 : Melewati Satu Tahun Dunia Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19 – Belajar dari Praktik Baik untuk Terus Melangkah ke Depan
Daring, 9 April 2021 – Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), menyelenggarakan acara temu Inovasi ke-11, Jumat (9/04/2021), secara daring.
Dampak Kepemimpinan Perempuan di Madrasah – Cerita Nia
Perempuan mendominasi jumlah guru sekolah dasar di Indonesia. Dari total sekitar 1,4 juta guru SD, hampir satu juta di antaranya adalah perempuan – proporsinya mencapai hampir 70% (Dapodik, 2020). Namun demikian, hanya sepertiga SD yang
Mengenali Bunyi Huruf sebagai Pengantar Pembelajaran
Tidak mudah bagi seorang Mardi Juwana Podu Loya, guru kelas 1 di SD Masehi Kapunduk, untuk mengajar di daerah dengan lokasi yang jauh dari kota, akses yang sulit, serta berbagai keterbatasan lainnya. Namun menurutnya, tantangan
Strategi Kaltara Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa
Program kemitraan INOVASI dengan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) telah membawa hasil yang signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa SD kelas awal. Salah satu keberhasilannya adalah peningkatan kemampuan membaca yang signifikan,
Probolinggo Menerima Penghargaan untuk Inovasi di Bidang Pendidikan
PROBOLINGGO – Inovasi dalam bidang pendidikan berupa Pembelajaran Kelas Rangkap, Masyarakat Sejahtera (Bela Sang Raja) yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo masuk dalam Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Tingkat Provinsi Jawa Timur
Rumah Baca: Kolaborasi Multipihak untuk Peningkatan Minat dan Kemampuan Baca Siswa
Pelaksanaan program INOVASI Fase I telah resmi berakhir pada pertengahan 2020 lalu, dan kini telah memasuki Fase II. Berbagai capaian telah banyak digaungkan dari pelaksaan di Fase I tersebut, baik oleh para guru di sekolah
INFOGRAFIS
INOVASI Fase 3
Pada fase 3 ini, INOVASI berfokus pada menjembatani kesenjangan antara kebijakan nasional dan pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota dan sekolah, serta memperkuat ekosistem pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Harapannya pada 2031, Indonesia memiliki dan menerapkan kebijakan serta
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak” untuk
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual” untuk mengetahui
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus” untuk











