Sumber Belajar

BUKU CERITA

Ijo Balit dan Sepasang Sungai

Penulis: Ziadah ZiadIlustrator: Lalu Ade Sukmajayadi Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten

Memasang Bubu

Penulis: Afita Martalia Andrinas Putri Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tana

Gemar Berolahraga

Penulis: Margaretha Bili BoboIlustrator : I Ketut Gede Padmanaba, S.Pd. Buku bacaan anak tentang berolahraga yang kembangkan oleh program INOVASI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaann Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur 2021-public-INOVASI-gemar-berolahragaDownload

Cerita Anak dari Kalimantan Utara: Perkedel Ikan Bubuk

Buku digital ini berkisah tentang Kak Dayang dan Aji asal Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara dan tangkapan ikan bubuknya. 2021-public-INOVASI-seri-buku-besar-kaltara-malinau-perkedel-ikan-bubukDownload

CERITA & PRAKTIK BAIK

Pandemi Mendorong Guru di NTB Menjadi Lebih Kreatif

Sebagai seorang guru kelas 5 di SDN Inpres Tawali, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Abdul Rahman – atau biasa dipanggil Pak Arman – menyiasati interaksi guru dan murid yang begitu terbatas dengan menyederhanakan materi dan memanfaatkan

Monitoring dan Evaluasi Perkuat Pengawasan Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan di Sumenep

Pengawas yang semula melaksanakan supervisi dengan turun langsung ke sekolah dan melihat secara dekat proses pembelajaran di kelas, kini tengah diuji lantaran tak bisa lagi turun dan mengawasi secara langsung karena pandemi.

Absensi Online Agar Guru Tahu Kehadiran Siswa

Sejak pandemi melanda, praktis seluruh kegiatan pembelajaran secara mendadak harus dilakukan secara daring. Demikian pula yang dialami oleh Wahidatul Husnia, S.Pd Guru Kelas 3 MI Miftahul Ulum Sumbersuko Purwosari, Pasuruan.

Kolaborasi Komunitas dan Taman Baca Optimalkan Pembelajaran

INOVASI berkolaborasi dengan sejumlah komunitas dan Taman Baca Masyarakat di lima kabupaten mitra di Provinsi Nusa Tenggara Timur guna mendukung peran guru dan orang tua dalam memberikan pelayanan pendidikan dan pendampingan pembelajaran yang optimal selama

Kelompok Kerja Guru (KKG) Tingkatkan Layanan Pembelajaran Bermutu di Bulungan

Pada bulan Maret 2020, sekitar 147 PAUD, 144 SD, dan 62 SMP di Bulungan Pada bulan Maret 2020, sekitar 147 PAUD, 144 SD, dan 62 SMP di Bulungan harus ditutup karena pandemi Covid-19. Penutupan sekolah

Kebijakan Berbasis Data untuk Peningkatan Mutu dan Akses Pendidikan di Nagekeo

Di Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pemerintah berupaya memformulasikan kebijakan yang berbasis data agar pengambilan kebijakan tepat sasaran

Guru dan Tenaga Pendidik di Lombok Tengah Membangun Kapasitas Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) Daring

Jauh sebelum COVID-19, sejumlah Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kabupaten Lombok Tengah telah mengakrabkan diri dengan pertemuan-pertemuan serta pelatihan secara daring. Gugus 01 Praya Tengah di bawah Ni Ketut Mayoni, S.Pd., SD., adalah salah satu

Belajar Bahasa Madura Melalui Video Kartun Animasi

Mengajarkan bahasa Madura dalam kondisi tatap muka membutuhkan pendekatan mengajar secara khusus, apalagi ketika seluruh guru dituntut untuk mengajar secara daring di masa pandemi. Inilah yang dirasakan oleh Taskiyah, S.Pd., guru SDN Pangarangan I, Kecamatan

INFOGRAFIS

INOVASI Fase 3

Pada fase 3 ini, INOVASI berfokus pada menjembatani kesenjangan antara kebijakan nasional dan pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota dan sekolah, serta memperkuat ekosistem pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Harapannya pada 2031, Indonesia memiliki dan menerapkan kebijakan serta

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak” untuk

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual” untuk mengetahui

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus” untuk