Sumber Belajar

BUKU CERITA

Ijo Balit dan Sepasang Sungai

Penulis: Ziadah ZiadIlustrator: Lalu Ade Sukmajayadi Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten

Memasang Bubu

Penulis: Afita Martalia Andrinas Putri Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tana

Gemar Berolahraga

Penulis: Margaretha Bili BoboIlustrator : I Ketut Gede Padmanaba, S.Pd. Buku bacaan anak tentang berolahraga yang kembangkan oleh program INOVASI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaann Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur 2021-public-INOVASI-gemar-berolahragaDownload

Cerita Anak dari Kalimantan Utara: Perkedel Ikan Bubuk

Buku digital ini berkisah tentang Kak Dayang dan Aji asal Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara dan tangkapan ikan bubuknya. 2021-public-INOVASI-seri-buku-besar-kaltara-malinau-perkedel-ikan-bubukDownload

CERITA & PRAKTIK BAIK

Belajar Seru dengan ‘Cargamte’

Oleh: Firdiani Yuliana, S.Psi, Guru SDN Junrejo 1 Kota Batu

Big Book Dengan Konteks Lokal Lejitkan Kemampuan Membaca Siswa

Setiap hari, Apliana Bera Awang, guru kelas 1 SD Negeri Lokory, Kecamatan Tana Righu, Kabupaten Sumba Barat, NTT mencari cara agar siswanya semangat dalam belajar.

Menggunakan Tutup Botol untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa ABK

Menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, semenjak siswa masuk sekolah dasar, mereka akan dikenalkan dengan penulisan huruf dan angka. Hal ini dilakukan agar anak mampu mengikuti pelajaran dengan baik

Peta Tematik untuk Membantu Siswa Melakukan Trasisi Bahasa dalam Pembelajaran

Di Kabupaten Bima, NTB, penggunaan bahasa daerah memang sangat dominan di keseharian masyarakatnya termasuk anak-anak. Sebuah kondisi yang kemudian menjadi tantangan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak-anak masih kesulitan memahami pelajaran yang diberikan. Salah

Permainan Mpaa Gopa khas Bima dalam Proses Pembelajaran

Di Kabupaten Bima, NTB, penggunaan bahasa daerah memang sangat dominan di keseharian masyarakatnya termasuk anak-anak. Sebuah kondisi yang kemudian menjadi tantangan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak-anak masih kesulitan memahami pelajaran yang diberikan. Salah

PANDUBA untuk Belajar dengan Metode Jembatan Bahasa

Di Kabupaten Bima, NTB, penggunaan bahasa daerah memang sangat dominan di keseharian masyarakatnya termasuk anak-anak. Sebuah kondisi yang kemudian menjadi tantangan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak-anak masih kesulitan memahami pelajaran yang diberikan. Salah

Strategi Membaca Terbimbing untuk Melatih Kelancaran dan Pemahaman Membaca

Setiap tahun, Yulius Kalaway, guru di SD Negeri Palakahembi, Sumba Timur, NTT selalu memberikan ujian kemampuan membaca bagi siswa yang baru naik kelas 3. Setelah mengetahui kemampuan siswa, Yulius membagi mereka ke dalam dua kelompok:

Menumbuhkan Semangat Baca Siswa Melalui Membaca dengan Ekspresi

SD Inpres Laipori sebenarnya sudah memiliki bangunan perpustakaan. Namun menurut Kepala Sekolah Mery Herlianis Lay, pemanfaatannya malah seperti gudang. “Ruangan itu jadi tempat penyimpanan alat peraga, matras, dan barang-barang sekolah yang tidak digunakan lagi,” kata

INFOGRAFIS

INOVASI Fase 3

Pada fase 3 ini, INOVASI berfokus pada menjembatani kesenjangan antara kebijakan nasional dan pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota dan sekolah, serta memperkuat ekosistem pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Harapannya pada 2031, Indonesia memiliki dan menerapkan kebijakan serta

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak” untuk

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual” untuk mengetahui

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus” untuk