Sumber Belajar
Home/ Publikasi/ Sumber Belajar

BUKU CERITA
Ijo Balit dan Sepasang Sungai
Penulis: Ziadah ZiadIlustrator: Lalu Ade Sukmajayadi Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten
Memasang Bubu
Penulis: Afita Martalia Andrinas Putri Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tana
Gemar Berolahraga
Penulis: Margaretha Bili BoboIlustrator : I Ketut Gede Padmanaba, S.Pd. Buku bacaan anak tentang berolahraga yang kembangkan oleh program INOVASI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaann Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur 2021-public-INOVASI-gemar-berolahragaDownload
Cerita Anak dari Kalimantan Utara: Perkedel Ikan Bubuk
Buku digital ini berkisah tentang Kak Dayang dan Aji asal Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara dan tangkapan ikan bubuknya. 2021-public-INOVASI-seri-buku-besar-kaltara-malinau-perkedel-ikan-bubukDownload
CERITA & PRAKTIK BAIK
Belajar Seru dengan ‘Cargamte’
Oleh: Firdiani Yuliana, S.Psi, Guru SDN Junrejo 1 Kota Batu
Big Book Dengan Konteks Lokal Lejitkan Kemampuan Membaca Siswa
Setiap hari, Apliana Bera Awang, guru kelas 1 SD Negeri Lokory, Kecamatan Tana Righu, Kabupaten Sumba Barat, NTT mencari cara agar siswanya semangat dalam belajar.
Menggunakan Tutup Botol untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa ABK
Menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, semenjak siswa masuk sekolah dasar, mereka akan dikenalkan dengan penulisan huruf dan angka. Hal ini dilakukan agar anak mampu mengikuti pelajaran dengan baik
Peta Tematik untuk Membantu Siswa Melakukan Trasisi Bahasa dalam Pembelajaran
Di Kabupaten Bima, NTB, penggunaan bahasa daerah memang sangat dominan di keseharian masyarakatnya termasuk anak-anak. Sebuah kondisi yang kemudian menjadi tantangan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak-anak masih kesulitan memahami pelajaran yang diberikan. Salah
Permainan Mpaa Gopa khas Bima dalam Proses Pembelajaran
Di Kabupaten Bima, NTB, penggunaan bahasa daerah memang sangat dominan di keseharian masyarakatnya termasuk anak-anak. Sebuah kondisi yang kemudian menjadi tantangan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak-anak masih kesulitan memahami pelajaran yang diberikan. Salah
PANDUBA untuk Belajar dengan Metode Jembatan Bahasa
Di Kabupaten Bima, NTB, penggunaan bahasa daerah memang sangat dominan di keseharian masyarakatnya termasuk anak-anak. Sebuah kondisi yang kemudian menjadi tantangan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak-anak masih kesulitan memahami pelajaran yang diberikan. Salah
Strategi Membaca Terbimbing untuk Melatih Kelancaran dan Pemahaman Membaca
Setiap tahun, Yulius Kalaway, guru di SD Negeri Palakahembi, Sumba Timur, NTT selalu memberikan ujian kemampuan membaca bagi siswa yang baru naik kelas 3. Setelah mengetahui kemampuan siswa, Yulius membagi mereka ke dalam dua kelompok:
Menumbuhkan Semangat Baca Siswa Melalui Membaca dengan Ekspresi
SD Inpres Laipori sebenarnya sudah memiliki bangunan perpustakaan. Namun menurut Kepala Sekolah Mery Herlianis Lay, pemanfaatannya malah seperti gudang. “Ruangan itu jadi tempat penyimpanan alat peraga, matras, dan barang-barang sekolah yang tidak digunakan lagi,” kata
INFOGRAFIS
INOVASI Fase 3
Pada fase 3 ini, INOVASI berfokus pada menjembatani kesenjangan antara kebijakan nasional dan pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota dan sekolah, serta memperkuat ekosistem pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Harapannya pada 2031, Indonesia memiliki dan menerapkan kebijakan serta
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak” untuk
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual” untuk mengetahui
Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus
Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus” untuk











