Sumber Belajar

BUKU CERITA

Ijo Balit dan Sepasang Sungai

Penulis: Ziadah ZiadIlustrator: Lalu Ade Sukmajayadi Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten

Memasang Bubu

Penulis: Afita Martalia Andrinas Putri Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tana

Gemar Berolahraga

Penulis: Margaretha Bili BoboIlustrator : I Ketut Gede Padmanaba, S.Pd. Buku bacaan anak tentang berolahraga yang kembangkan oleh program INOVASI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaann Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur 2021-public-INOVASI-gemar-berolahragaDownload

Cerita Anak dari Kalimantan Utara: Perkedel Ikan Bubuk

Buku digital ini berkisah tentang Kak Dayang dan Aji asal Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara dan tangkapan ikan bubuknya. 2021-public-INOVASI-seri-buku-besar-kaltara-malinau-perkedel-ikan-bubukDownload

CERITA & PRAKTIK BAIK

Bermain “Dadu Pintar” untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa

Oleh: M. Husen, S.Ag, guru kelas 3 MI As’adiyah Sukorame Pasuruan

Memanfaatkan Barang-Barang yang Tidak Terpakai untuk Membuat Kelas Literat

Rekan sesama guru kadang memanggil Rambu Yandri Praingu sebagai “guru pemulung” karena ia kerap mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi dari berbagai kantor pemerintahan di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Guru yang mengajar

Media Gambar Aktivitas Sosial Sebagai Media Literasi Siswa ABK

Berbagai program telah dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur dengan fokus pada upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar, terutama di kelas-kelas awal. Program-program tersebut dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota bekerja sama dengan INOVASI

Kegiatan ‘Membaca Terbimbing’ untuk Melatih Kelancaran dan Pemahaman Membaca Siswa

Ada beragam cara yang digunakan dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca. Salah satunya dengan menerapkan program Membaca Berimbang. Membaca Berimbang sendiri merupakan sebuah program kerjasama Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) dan INOVASI bersama

Memanfaatkan Buah Semangka sebagai Media Operasi Hitung Pecahan

Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, program rintisan numerasi di SD/MI telah diimplemetntasikan pada tahun 2018 untuk meningkatkan kemampuan dasar siswa di bidang numerasi. Program rintisan ini diimplementasikan dengan pertimbangan numerasi masih menjadi pelajaran yang

Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Alat Peraga Sederhana “Kartu Huruf”

Program LINUMERATIF (Literasi dan Numerasi inovatif) yang diimplementasikan oleh Edukasi 101 dan INOVASI pada tahun 2018-2019 di Nusa Tenggara Barat bertujuan untuk mengakselerasi peningkatkan kemampuan dasar (baca, tullis dan hitung) siswa sekolah dasar dengan: (1)

INOVASI Mendukung Kabupaten Tana Tidung Dalam Menyiapkan Tahun Ajaran Baru 2020/2021

Demi memungkinkan proses pembelajaran siswa dapat terus berlangsung di tengah pandemi Covid-19, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan siswa dan guru.

“Butik Bilangan” untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa

Program LINUMERATIF (Literasi dan Numerasi inovatif) yang diimplementasikan oleh Edukasi 101 dan INOVASI pada tahun 2018-2019 di Nusa Tenggara Barat bertujuan untuk mengakselerasi peningkatkan kemampuan dasar (baca, tullis dan hitung) siswa sekolah dasar dengan: (1)

INFOGRAFIS

INOVASI Fase 3

Pada fase 3 ini, INOVASI berfokus pada menjembatani kesenjangan antara kebijakan nasional dan pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota dan sekolah, serta memperkuat ekosistem pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Harapannya pada 2031, Indonesia memiliki dan menerapkan kebijakan serta

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak” untuk

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual” untuk mengetahui

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus” untuk