Cerita & Praktik Baik

CERITA & PRAKTIK BAIK

Probolinggo Menerima Penghargaan untuk Inovasi di Bidang Pendidikan

PROBOLINGGO – Inovasi dalam bidang pendidikan berupa Pembelajaran Kelas Rangkap, Masyarakat Sejahtera (Bela Sang Raja) yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo masuk dalam Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Tingkat Provinsi Jawa Timur

Rumah Baca: Kolaborasi Multipihak untuk Peningkatan Minat dan Kemampuan Baca Siswa

Pelaksanaan program INOVASI Fase I telah resmi berakhir pada pertengahan 2020 lalu, dan kini telah memasuki Fase II. Berbagai capaian telah banyak digaungkan dari pelaksaan di Fase I tersebut, baik oleh para guru di sekolah

Temu Inovasi #10: Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh – Bagaimana Mengembangkan Keterampilan HOTS di Masa Pandemi Covid-19?”

Daring, 26 November 2020 – Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Balitbang dan Perbukuan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama program kemitraan Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) kembali menggelar forum Temu Inovasi yang diselenggarakan

Memastikan Perpustakaan Sekolah Tetap Ramah Anak

Di Pulau Sumba, kesadaran orang tua terhadap pentingnya pendidikan masih tergolong rendah. Senni D. Bilaut, Kepala Sekolah SD Inpres Binawatu di Kabupaten Sumba Tengah mengatakan orang tua siswa merasa kontribusi mereka hanya sebatas memastikan anak-anaknya

Membangun Jiwa Santri yang Literat

Semangat Siti Aminah, S.Pd Guru MI Muhammadiyah Watukebo Kabupaten Jember di Provinsi Jawa Timur begitu membara usai pulang dari pelatihan literasi yang dikembangkan oleh INOVASI pada 2018 lalu. Siti yang merupakan salah satu fasilitator dari

Harta Karun Ajaib Membuat Siswa Senang Bermain Kalimat

Agar anak termotivasi untuk belajar menulis, terutama menulis kalimat yang panjang di kelas 2, seorang guru kelas 2 MI As’adiyah Sukorame Pasuruan, Mahmudah, S.Ag, membuat permainan bernama ‘Harta Karun Ajaib’. Berbahan selembar styrofoam, jarum pentul,

Reading Camp untuk Mempercepat Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal

“Bagaimana mungkin anak bisa mengikuti pelajaran sesuai kurikulum kalau membaca saja tidak bisa?” Pertanyaan ini dulu pernah dilontarkan oleh Beatriks M. E. Kurnianingsih, Kepala Sekolah SD Katolik Kalelapa, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur awal

Keterbatasan Bukan Penghalang Kegiatan Belajar yang Bermakna

Atap yang bocor dan lantai yang beralaskan debu dari lantai semen yang sudah hancur adalah pemandangan pertama yang disugukan saat memasuki kelas-kelas di SD Negeri Batu Karang di Kabupaten Sumba Barat Daya. Meja-meja pun dipenuhi