Sumber Belajar

BUKU CERITA

Ijo Balit dan Sepasang Sungai

Penulis: Ziadah ZiadIlustrator: Lalu Ade Sukmajayadi Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten

Memasang Bubu

Penulis: Afita Martalia Andrinas Putri Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tana

Gemar Berolahraga

Penulis: Margaretha Bili BoboIlustrator : I Ketut Gede Padmanaba, S.Pd. Buku bacaan anak tentang berolahraga yang kembangkan oleh program INOVASI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaann Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur 2021-public-INOVASI-gemar-berolahragaDownload

Cerita Anak dari Kalimantan Utara: Perkedel Ikan Bubuk

Buku digital ini berkisah tentang Kak Dayang dan Aji asal Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara dan tangkapan ikan bubuknya. 2021-public-INOVASI-seri-buku-besar-kaltara-malinau-perkedel-ikan-bubukDownload

CERITA & PRAKTIK BAIK

Dinas Pendidikan Sumba Timur Gelar Sosialisasi Penguatan KKG 2020

Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Timur menggelar kegiatan sosialiasi tentang rencana penguatan Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk tahun 2020. Kegiatan ini dilakukan pada 10-14 Februari 2020 dan bertempat di Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Timur.

Lokakarya Kedua Roadmap Grand Design Pendidikan dan Kebudayaan: Inisiasi Pembentukan Komite Kolaborasi Pendidikan NTT Bangkit

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT menggelar lokakarya roadmap (peta jalan) tahap kedua untuk Grand Design Pendidikan dan Kebudayaan NTT periode 2020-2030.

Sering Bacakan Cerita, Siswa di Bulungan Menjadi Rajin Sekolah

Nurhani Tawan merupakan Guru Kelas 2 SDN 008 Filial, Binai, Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan.

Kebun Literasi Ibu Parniwati di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Namanya Ibu Parniwati, seorang guru yang mengabdikan dirinya sejak tahun 2007 di MI Riadhul Jannah NW Penjor, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Ibu Parniwati atau yang akrab disapa Ibu Par ini menginspirasi rekan

Kelas Literat & Budaya Baca di Bulungan dan Malinau, Bantu Anak Cepat Membaca

Ada banyak faktor yang berkontribusi mempercepat kemampuan anak membaca. Selain menyediakan layanan khusus, lingkungan dan budaya sekolah juga berperan penting. Di Kalimantan Utara program peningkatan kemampuan literasi kelas awal diimplementasikan di Kabupaten Bulungan dan Malinau.

Menyalakan Semangat Guru Saling Berbagi Ilmu di Dompu, NTB

Di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat partisipasi orang tua dalam pendidikan anak di sekolah menjadi satu isu penting. Banyak ditemukan orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya dan cenderung kurang memperhatikan hak pendidikan anaknya. Hal ini

Guru di Bulungan Ajak Siswa Giat Menulis dengan Penyampaian Cerita yang Interaktif

Di Bulungan, Kalimantan Utara, INOVASI bersama pemerintah kabupaten mengimplementasikan program rintisan literasi kelas awal. Program ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas awal di bidang literasi, melalui peningkatan mutu pengajaran literasi – termasuk keterampilan

Meningkatkan Kemampuan Literasi: Upaya Kepala Sekolah di Kota Batu Mendekatkan Buku Kepada Siswa

MI Assalam yang berada di Kecamatan Junrejo merupakan sekolah yang berdiri pada tahun 2011. Sekolah yang berada di tengah-tengah perkampungan ini, bangunannya bergabung dengan RA 11 Siti Khadijah dan SMP Assalam.

INFOGRAFIS

INOVASI Fase 3

Pada fase 3 ini, INOVASI berfokus pada menjembatani kesenjangan antara kebijakan nasional dan pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota dan sekolah, serta memperkuat ekosistem pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Harapannya pada 2031, Indonesia memiliki dan menerapkan kebijakan serta

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak” untuk

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual” untuk mengetahui

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus” untuk