Sumber Belajar

BUKU CERITA

Ijo Balit dan Sepasang Sungai

Penulis: Ziadah ZiadIlustrator: Lalu Ade Sukmajayadi Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten

Memasang Bubu

Penulis: Afita Martalia Andrinas Putri Buku besar untuk bahan bacaan anak ini dikembangkan oleh guru-guru mitra INOVASI melalui lokakarya penulisan buku besar yang diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Litara, INOVASI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tana

Gemar Berolahraga

Penulis: Margaretha Bili BoboIlustrator : I Ketut Gede Padmanaba, S.Pd. Buku bacaan anak tentang berolahraga yang kembangkan oleh program INOVASI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaann Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur 2021-public-INOVASI-gemar-berolahragaDownload

Cerita Anak dari Kalimantan Utara: Perkedel Ikan Bubuk

Buku digital ini berkisah tentang Kak Dayang dan Aji asal Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara dan tangkapan ikan bubuknya. 2021-public-INOVASI-seri-buku-besar-kaltara-malinau-perkedel-ikan-bubukDownload

CERITA & PRAKTIK BAIK

Expo Kinerja Pembangunan NTB Mendorong Pentingnya Isu Literasi

INOVASI bersama sejumlah mitra pembangunan dan UMKM di Provinsi NTB berpartisipasi pada acara Expo Kinerja Pembangunan yang dilaksanakan di halaman kantor Bappeda Provinsi NTB. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini, merupakan bagian dari rangkaian

Kolaborasi untuk Wujudkan Sekolah yang Aman dan Nyaman: Tiga Sekolah Pilot di Batu dan Tarakan Menumbuhkan Keberanian Murid untuk Bicara

Oleh: Dian Kusuma Dewi Di SDN Tlekung 1 Kota Batu, Jawa Timur, Erni Kurniawati, S.Pd., guru kelas 5, sering menerima keluhan dari orang tua tentang perilaku murid di sekolahnya. Ada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang

Menjaga Harmoni Adat dan Pendidikan di Pulau Haruku

Sosok Pak Abu, seorang pengawas sekolah dan pegiat pendidikan yang membina 24 sekolah di Pulau Haruku. (© Feri Latief/INOVASI) Oleh: Denissa Almyra Putri Hampir semua orang di Pulau Haruku, Maluku Tengah mengenal Pak Abu. Nama

Menemani Langkah Pertama Membaca di Cirebon

Sosok Ibu Nining, seorang guru yang penuh dedikasi dalam mendampingi murid-muridnya belajar membaca dan menulis. Dengan kesabaran dan semangat, Ibu Nining percaya bahwa setiap anak punya kesempatan yang sama untuk meraih masa depan melalui keterampilan

Menyalakan Obor Literasi dari Sepaku: Perubahan Kecil, Dampak Besar

Ibu Indri, a dedicated teacher from Sepaku, has been striving to ensure that her students achieve reading fluency. (© Photo by INOVASI Communication Team) Di tengah gemuruh pembangunan Ibu Kota Nusantara di Sepaku, ada kisah

Dari Cirebon untuk Indonesia Inklusif: Kisah Daffa dan Gerakan Difabel

Daffa Naufal Novriansyah, Ketua Gerkatin Cirebon, aktif menggaungkan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dalam lokakarya pendidikan inklusif yang didukung INOVASI di Cirebon. (© Foto oleh Tim Yayasan Wahana Inklusi Indonesia) “Anak tuli, semangat belajar, ya! Anak

Dari Cirebon untuk Indonesia Inklusif: Kisah Daffa dan Gerakan Difabel

“Anak tuli, semangat belajar, ya! Anak tuli hebat.” Kalimat sederhana ini sering disampaikan teman tuli, Daffa Naufal Novriansyah,  Ketua Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Cirebon, yang percaya setiap anak, termasuk anak dengan disabilitas, berhak

Menyalakan Obor Literasi dari Sepaku: Perubahan Kecil, Dampak Besar

Di tengah gemuruh pembangunan Ibu Kota Nusantara di Sepaku, ada kisah inspiratif dari ruang kelas sederhana SDN 016 Sepaku. Indriyani Khoirum Nisa, akrab disapa Bu Indri, guru kelas IV, menyalakan semangat baru bagi murid-muridnya. Bukan

INFOGRAFIS

INOVASI Fase 3

Pada fase 3 ini, INOVASI berfokus pada menjembatani kesenjangan antara kebijakan nasional dan pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota dan sekolah, serta memperkuat ekosistem pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Harapannya pada 2031, Indonesia memiliki dan menerapkan kebijakan serta

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Fungsi Gerak” untuk

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Intelektual” untuk mengetahui

Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus

Pentingnya memahami tentang gangguan fungsi, akan membantu menemukan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh masing-masing anak dengan potensi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai sumber dayanya. Unduh infografik “Seri Infografik Panduan Pendidikan Inklusif: Gangguan Belajar Khusus” untuk