Cerita & Praktik Baik

CERITA & PRAKTIK BAIK

Kisah Perjuangan Ana Paji Jiara, Guru SD Wunga di Pedalaman Sumba Timur Penuhi Kebutuhan Belajar Siswanya

Ana Paji Jiara, S.Pd., (40) seorang guru di SD Inpres Wunga, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur NTT mempraktikan pembelajaran dengan menggunakan metode bahasa Ibu di kelasnya. Ana, yang lulus SMA pada tahun 2000 mulai mengajar

Ide-Ide Pembelajaran Inklusi di Kabupaten Sumba Timur, NTT

Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, INOVASI – dalam kemitraan dengan Circle of Imagine Society (CIS) Timor, sejak tahun 2018 mengimplementasikan program Pendidikan Inklusi di lima desa di Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur. Kelima desa tersebut

Ide-Ide Pembelajaran Numerasi di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) telah mengimplementasikan program rintisan numerasi di SD/MI di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur sejak tahun 2018. Program rintisan ini diimplementasikan dengan pertimbangan numerasi masih menjadi pelajaran yang menakutkan

Pemulihan Belajar di Kaltara: Dari Respon Bupati Sampai Praktik di Lapangan

Satu tahun lebih penutupan sekolah karena pandemi COVID-19 telah berdampak kepada hilangnya kemampuan belajar siswa (learning loss). Tiga kepala daerah mitra INOVASI di Kaltara yaitu Bulungan, Malinau, dan Tana Tidung merespon serius masalah ini. Respon

Litara: 20 Penulis Buku Anak di Kaltara Mendapatkan Pelatihan Membuat Big Book

Pada bulan Juli 2021, sebanyak 20 orang guru dari Kabupaten Malinau dan Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara (Kaltara) berhasil terpilih menjadi peserta penulisan dan pembuatan buku cerita anak berbasis kisah lokal. Naskah yang mereka ajukan

UMSIDA: Penyusunan Modul Sekolah Responsif Gender

Pusat Studi Gender dan Perlindungan Anak (PSGPA) Unversitas Muhammadiyah Kabupaten Sidoarjo (UMSIDA) yang berdiri sejak 2010 dengan mengawali kegiatan pemberdayaan perempuan di wilayah 3T (terdepan, terpencil tertinggal) di Kabupaten Sidoarjo. Namun pada perkembangannya, PSGPA juga

Komunitas Literasi Kota Batu Berjejaring agar Gerakan Literasi Tetap Ada

Komunitas literasi Kota Batu dan guru mitra INOVASI dan Kolaborasi Literasi Bermakna (KLB) di Kota Batu bertemu dengan Tim Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbud Ristek RI pada Sabtu (18/12/2021) di Sanggar Alam

Menciptakan Pembelajaran yang Nyaman dan Memenuhi Kebutuhan Siswa di Madrasah

Guru kelas awal memiliki tanggung jawab besar dalam membangun keterampilan fondasi seperti menulis, membaca dan menghitung. Ketiga keterampilan inilah yang akan menentukan bagaimana siswa menjalani pembelajaran di kelas-kelas berikutnya.