Riset & Studi

RISET DAN STUDI

Kelompok Rentan yang Terabaikan:Studi tentang Anak dari Keluarga Perkawinan Anak di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Buku ini menyajikan hasil studi tentang perkawinan anak di Lombok Timur, Provinsi NTB, salah satu daerah dengan angka perkawinan anak tertinggi. Hasil studi menujukkan bahwa anak-anak dari keluarga perkawinan anak cenderung memiliki tantangan yang lebih

Kesiapan Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di 10 Kabupaten

Laporan hasil studi tentang implementas Kebijakan Belajar dari Rumah selama Pendemi. Studi ini menunjukkan bahwa meski banyak daerah telah menyesuaikan kebijakan pendidikan dengan standar pusat, sebagian belum dapat menerapkan kebijakan tersebut secara efektif. Buku ini

Bangkit Lebih Kuat: Pemulihan Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19

Buku ini membahas dampak pandemi COVID-19 terhadap kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya selama penutupan sekolah dan menyajikan praktik-praktik baik yang menjadi faktor kunci dalam pemulihan pembelajaran. Buku ini juga merekomendasikan beberapa langkah strategis untuk memperkuat

Paket Unit Pembelajaran Numerasi Kelas Awal 1: Konsep Dasar

Ditulis dan dikembangkan oleh Tim INOVASI. Booklet ini memuat pengalaman berharga yang dihadirkan dari program rintisan Guru BAIK, di kabupaten Sumba Barat Daya. Praktik baik di booklet ini. Melalui inisiatif Guru BAIK, para pendidik di

Mengenali Hambatan Multidimensional Perempuan Menjadi Kepala Sekolah dan Madrasah

Anna Margret, Dirga Ardiansa, Dewi Mulyani Setiawan, Heru Samosir, Mia Novitasari, Roni (Tim Cakra Wikara) Buku ini memuat hasil riset yang hendak menjawab pertanyaan ‘mengapa perempuan kurang terwakili sebagai kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri

Studi Kasus Tematik: Gender & Pendidikan

Kajian ini merupakan tinjauan sekaligus upaya untuk melihat ke masa yang akan datang. Pada masa di antara fase pertama dan fase kedua Program INOVASI, kajian ini melihat apa saja pembelajaran selama pelaksanaan program sepanjang 2016-2020

Studi Kesenjangan Pembelajaran 3 – Kesenjangan yang Semakin Melebar: Dampak Pandemi COVID-19 pada Siswa dari Kelompok yang Paling Rentan di Indonesia

Pada tahun 2020, INOVASI melakukan Studi Kesenjangan Pembelajaran yang diterbitkan di tahun 2022 untuk memahami status pembelajaran aktual siswa dan potensi dampak pandemi COVID-19 pada siswa kelas awal (kelas 1–3) di Indonesia. Sebanyak 18.370 siswa

Infografik : Bangkit Lebih Kuat: Pemulihan Pembelajaran Paska Pandemi

Setelah dua tahun belajar di masa pandemi, bagaimana kondisi hasil belajar siswa terutama dalam hal literasi dan numerasi? Apa yang bisa dilakukan baik oleh pemerintah maupun sekolah untuk mendorong pemulihan pembelajaran siswa? Temukan jawabannya pada

Studi Persepsi Guru tentang Norma Gender dalam Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan: Kompetensi yang Tinggi di Tengah Ketidaksetaraan Dukungan

Cakra Wikara Indonesia (CWI), didukung program INOVASI, telah melakukan dua rangkaian riset yang saling berkaitan dengan tema kepemimpinan perempuan sebagai kepala sekolah. Riset ini merupakan riset kedua, sebelumnya CWI telah melakukan studi awal yang menemukan