Praktik-Praktik Baik di Pendidikan Dasar Provinsi Jawa Timur

Studi pemetaan inovasi pendidikan di Jawa Timur ini bertujuan untuk mendokumentasikan inovasi dan praktik-praktik pendidikan dasar yang menjanjikan, dan memahami dalam konteks apa inovasi berhasil dan berkelanjutan serta memberikan alternatif bagi kabupaten/kota di Jawa Timur dengan hasil belajar yang masih perlu ditingkatkan untuk mengadopsi atau mengadaptasi inovasi.

Studi ini menemukan 165 praktik menjanjikan di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur melalui proses pemetaan literatur dan lapangan pada bulan Agustus-Oktober 2017. 27 praktik menjanjikan telah diteliti lebih mendalam oleh INOVASI, di mana kesamaan yang muncul adalah: adanya figur yang kuat yang memungkinkan terwujudnya praktik baik tersebut, dukungan dari berbagai pihak, serta adanya kolaborasi yang baik antara kepala sekolah dan guru.

 

Buklet: Praktik-Praktik Baik di Pendidikan Dasar – Jawa Timur

Studi Pemetaan Inovasi Pendidikan (stocktake) di Jawa Timur ini bertujuan untuk mendokumantasikan inovasi dan praktik-praktik pendidikan dasar yang menjanjikan, dan memahami dalam konteks apa inovasi berhasail dan berkelanjutan serta memberikan alternatif bagi kabupaten/kota di jawa timur dengan hasil belajar yang masih perlu ditingkatkan untuk mengadopsi atau mengadaptasi inovasi.