Fokus Kami
Home/Tentang Kami/Fokus Kami

Kurikulum dan Asesmen
Penguasaan keterampilan dasar (literasi, numerasi, dan karakter) di pendidikan dasar sangat penting untuk keberhasilan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. INOVASI mendukung pemerintah daerah, sekolah, dan guru dalam mewujudkan visi literasi dan numerasi dalam Kurikulum Nasional. Bekerja sama dengan Kemendikdasmen, Kemenag, pemerintah daerah, dan mitra lainnya, INOVASI melakukan uji coba berbasis bukti tentang cara yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran siswa. Temuan ini membantu memandu kurikulum dan kebijakan yang mendukung sekolah, serta distrik dalam meningkatkan hasil belajar. INOVASI juga bekerja dengan mitra untuk membantu guru menerapkan penilaian diagnostik dan formatif, menyesuaikan instruksi dengan kebutuhan siswa, mengembangkan rencana pelajaran, dan menyediakan bahan belajar yang disesuaikan dengan tingkat membaca anak.


Praktik Pengajaran
Penguatan praktik mengajar sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memenuhi kebutuhan anak, dan mengatasi tantangan pendidikan. INOVASI meningkatkan keterampilan guru untuk menerapkan kurikulum dan metode penilaian baru, menggunakan penilaian diagnostik dan pembelajaran terdiferensiasi untuk mengajarkan keterampilan dasar. INOVASI Bersama mitra meninjau bagaimana praktik belajar mengajar di lapangan untuk memahami tantangan, kompetensi, serta keberhasilan guru di distrik mitra untuk mendorong kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih baik.
Kepemimpinan Pendidikan
Kepemimpinan sekolah menjadi salah satu kunci pendorong untuk sistem pendidikan yang berkualitas. INOVASI bermitra ragam aktor dari ekosistem pendidikan untuk membantu kepala sekolah dan pengawas dari sekolah dan madrasah menggunakan Rapor Pendidikan sebagai alat yang penilaian dalam meningkatkan kualitas pendidikan. INOVASI mengidentifikasi cara untuk memperkuat kepemimpinan dan ikut menciptakan materi yang memamerkan praktik terbaik. Program ini memberdayakan para pemimpin untuk menciptakan budaya sekolah yang inklusif, menyediakan akomodasi bagi siswa penyandang disabilitas, dan mendukung guru untuk menerapkan dan mengakses sumber daya pelatihan. INOVASI akan terus membantu Kemendikbudristek dalam mengembangkan kerangka transformasi dan akreditasi sekolah, memperkuat kepemimpinan untuk memberi manfaat bagi siswa dan masyarakat.


Kesetaraan Gender
Untuk pembelajaran yang bermakna, anak-anak harus merasa aman secara fisik dan emosional dan diperlakukan sama, tanpa diskriminasi berdasarkan gender atau faktor identitas lainnya. Isu di ranah pendidikan seperti bias, stereotip, dan perundungan masih memengaruhi pembelajaran. INOVASI mendukung penguatan kesetaraan gender melalui kebijakan dan praktik dengan mendukung kepemimpinan sekolah, manajemen kelas dan praktik pengajaran, pendidikan karakter, dan pelatihan guru yang dipimpin pemerintah untuk mengurangi perundungan dan kekerasan. Program ini akan mengidentifikasi peluang untuk membangun kepemimpinan perempuan di sekolah karena bukti menunjukkan pemimpin sekolah perempuan berkontribusi pada hasil pembelajaran yang lebih baik.
Perubahan Iklim
Indonesia berkomitmen untuk pembangunan jangka panjang, rendah karbon, dan tahan iklim, dengan mengintegrasikan perubahan iklim ke dalam sistem pendidikan nasional. Namun, kondisi geografis Indonesia yang beragam membuatnya sangat rentan terhadap perubahan iklim. Pendidikan sangat penting dalam mempersiapkan anak-anak saat ini untuk dunia yang akan mereka warisi sebagai orang dewasa, memberdayakan mereka dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai penting. INOVASI berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan untuk memperkuat ekosistem distrik untuk aksi iklim, mempromosikan aksi tingkat sekolah dan masyarakat, dan menghubungkan kebijakan dengan praktik. Melalui kolaborasi dengan berbagai mitra dan berbagi praktik terbaik, INOVASI mendukung pemerintah mencapai tujuannya dalam mitigasi, adaptasi, dan ketahanan iklim.


Disabilitas dan Inklusi Sosial
INOVASI berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap siswa, apa pun latar belakang atau kemampuannya, dapat mengakses pendidikan yang setara dan mewujudkan potensi penuh mereka. INOVASI mendukung analisis interseksional tentang disabilitas, gender, tantangan pedesaan/terpencil, bahasa, dan kerugian sosial-ekonomi, serta menyoroti kesenjangan dalam hasil pendidikan dan contoh praktik yang efektif untuk mendorong perubahan kebijakan. Untuk mengatasi hambatan dan mempercepat perubahan transformatif dalam skala besar, INOVASI bekerja sama dengan mitra pemerintah, lembaga pelatihan guru, masyarakat sipil, kelompok kesetaraan gender, organisasi penyandang disabilitas (OPD), dan penyedia swasta. Program ini bertujuan untuk memastikan keterlibatan aktif dan bermakna dari penyandang disabilitas dalam proses pengambilan keputusan. Dengan mendukung penerapan Peraturan 48/2023, INOVASI membantu memastikan bahwa setiap anak diberdayakan dan diikutsertakan.