Lembar Kerja Siswa (LKS) SD/MI: Pendidikan Karakter 2

Karakter atau nilai adalah sifat/atribut yang melekat pada diri seseorang. Pendidikan karakter sendiri adalah sebuah upaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur pada siswa. Karakter yang akan dibahas pada kumpulan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini antara lain: Kejujuran, Berbuat Baik, dan Kemandirian.

Siswa diharapkan mendiskusikan topik-topik yang ada dalam LKS bersama orang tua. Setelah melakukan kegiatan yang ada dalam LKS pada kegiatan sehari-hari, maka siswa akan memperoleh gambaran konkret untuk dapat mengembangkan kegiatan tersebut sebagai suatu kebiasaan.

Siswa yang duduk di jenjang Sekolah Dasar pada umumnya belajar dari hal yang konkret (Baik itu menggunakan benda konkret maupun pengalaman nyata yang ia alami) ke abstrak. Konsep dari nilai-nilai seperti kejujuran, berbuat baik, dan juga kemandirian adalah konsep yang cukup abstrak. Untuk dapat memahami konsep-konsep tersebut, siswa perlu diberikan pengalaman nyata agar lebih mudah paham.

Karena itulah peran Bapak dan Ibu menjadi sangat penting dalam membimbing siswa mempelajari nilai-nilai dimaksud. Diskusi pada sebelum, saat dan setelah mengerjakan LKS akan dapat membantu siswa mendapatkan gambaran mengenai apa yang menjadi tujuan pembelajaran nilai-nilai ini. Demikian juga halnya dengan memberikan pujian spesifik dengan menggunakan Bahasa yang positif, apabila siswa menunjukkan perilaku yang diharapkan. Anak akan dapat mengetahui bahwa ia telah melakukan suatu hal yang baik.

Lembar Kerja Siswa (LKS) SD/MI: Pendidikan Karakter 2

Download