Cetak Guru Profesional untuk Indonesia Maju

Selamat Hari Guru Nasional! Tema Hari Guru tahun ini adalah Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul. Tema ini mempertegas bahwa pilar utama peningkatan hasil belajar (learning outcome) adalah guru. Pemerintah Australia melalui program Technical Assistance for Education Systems Strengthening System (TASS) bekerjasama dengan Kementerian Agama melaksanakan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar. Ratusan ribu guru telah merasakan manfaat program ini.

Bagaimana program ini bermanfaat dalam peningkatan kompetensi guru berikut petikan wawancara dengan Diyah Utami, Guru RA Masyithoh Kerokan Tlogomulyo Temanggung Jawa Tengah.

Apa manfaat program PKB yang ibu dapatkan dan telah diterapkan di sekolah tempat ibu mengajar?

Program PKB telah membantu guru mengembangkan kinerja dan memperluas wawasannya tentang mendidik anak secara profesional dan bertanggung jawab. Setelah mengikuti program ini (PKB), guru memiliki materi yang lebih luas tentang pendidikan. Disetiap pertemuan selalu ada materi baru yang disampaikan. Contohnya materi tentang mengatasi kesulitan belajar pada anak yang telah dilengkapi dengan media pembelajaran berbasis IT yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenjang umur siswa. Hal ini sangat membantu mengefektifkan proses belajar. Siswa pun semakin antusias dan aktif mengikuti pelajaran yang disampaikan guru.

Bagaimana mengadaptasikan hal baru didapatkan dalam program PKB di sekolah?

Tidak semua pembaharuan dapat diterima. Sebagai hal baru tentu membutuhkan adaptasi. Sentuhan teknologi atau media pembelajaran berbasis digital adalah hal baru bagi kami. Apalagi di daerah yang geografisnya di pegunungan sinyal sulit didapat. Sesuatu yang baru tentu saja membuat siapapun menjadi asing begitu juga dengan anak-anak.

Karena metode pembelajarannya baru, menjadi tantangan tersendiri bagi kami menerapkannya. Disinilah kami memanfaatkan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran untuk saling berbagi dan menemukan solusi praktis pembelajaran.

Mungkin PKB kedepan perlu mengadaptasi praktek cerdas di masing-masing wilayah dan disesuaikan dengan kebutuhan guru dan konteks sosial ya bu?

Harus, sehingga guru dapat berinovasi sesuai dengan kebutuhan dan lingkungannya

Apakah ada saran untuk perbaikan PKB kedepan?

Guru dikota tentu lain dgn yg dipinggiran. Geografis dan sosio kultural sangat berpengaruh. Hal ini harus diperhatikan.

Apa yg perlu ditingkatkan agar PKB kedepan lebih efektif?

Program ini harus terus diperluas agar semakin banyak guru dapat merasakan manfaat dan menerapkan materi pembelajaran secara lebih efektif. Ini adalah impian banyak guru madrasah termasuk kami yang tinggal di daerah pinggiran. Selain itu, PKB harus mampu mendorong dan mengarahkan guru madrasah menjadi guru biofili. Guru yang mengajar dengan kedalaman hati sekaligus mampu menjembatani pengetahuan. Guru yang diminati oleh anak anak. Dari proses ini guru berkontribusi meningkatkan hasil pembelajaran dan melahirkan SDM unggul di Indonesia.

 

Cetak Guru Profesional untuk Indonesia Maju