Bupati Sumba Barat Instruksikan Pemetaan Kemampuan Literasi

Bupati Kabupaten Sumba Barat, Agustinus Niga Dapawole mengeluarkan Instruksi Bupati untuk melakukan pemetaan kemampuan literasi dasar untuk kelas awal pada jenjang pendidikan SD/MI di Kabupaten Sumba Barat.

Instruksi ini merupakan yang pertama yang dikeluarkan oleh Bupati di tahun 2019 dan ditandatangani pada Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Pendidikan yang digelar Bappeda Kabupaten Sumba Barat di Aula SMA I Kristen Waikabubak, Selasa (10/9) pagi lalu.

Sebelum menandatangani instruksi tersebut, Bupati memastikan kembali komitmen kepala sekolah, pengawas, dan pejabat terkait di lingkup Dinas Pendidikan yang hadir dalam kesempatan itu. “Sekarang, saya akan menandatangani ini (Instruksi Bupati) karena kita semua sudah komitmen untuk melaksanakannya,” tegasnya setelah berulang kali menanyakan kesiapan mereka untuk melaksanakan instruksi tersebut.

Instruksi tersebut mewajibkan semua guru kelas awal untuk melakukan pemetaan kemampuan literasi dasar siswa dan melaporkannya kepada kepala sekolah. Setelah pemetaan, kepala sekolah wajib menyampaikan data hasil perkembangan kemampuan literasi dasar siswa kelas awal setiap bulannya kepada pengawas pembina yang selanjutnya akan dilaporkan kepada Dinas Pendidikan.

Setelah INOVASI menyelesaikan Program Literasi Kelas Awal (I) dan Kepemimpinan Pembelajaran di Kecamatan Tana Righu, Pemda Kabupaten Sumba Barat kemudian mereplikasi kedua program ini untuk dijalankan di 2 kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Lamboya dan Wanukaka dengan target sekolah sebanyak 24.

Sebelum program dilaksanakan, pemetaan kemampuan literasi dasar siswa dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa. Menyadari pentingnya informasi tersebut dan merujuk pada Peraturan Bupati Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Literasi di Kabupaten Sumba Barat pasal 15 ayat (1), Dinas Pendidikan kemudian merekomendasikan agar pemetaan serupa dilakukan di seluruh SD/MI di Kabupaten Sumba Barat dan meminta agar Bupati menginstruksikan hal ini kepada seluruh SD/MI.

Mekanisme pengukuran kemampuan literasi dasar tersebut akan menggunakan instrumen yang telah dikembangkan oleh INOVASI. Adapun hasil pemetaan ini akan menjadi pokok bahasan kepala sekolah dan guru dalam pertemuan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Guru (KKG).

Berikut 9 poin yang termuat dalam Instruksi Bupati tersebut:

  1. Setiap Pendidik/Guru kelas rendah wajib melakukan pemetaan tentang kemampuan literasi dasar peserta didik dan melaporkan kepada Kepala Sekolah sesuai dengan kemampuan setiap peserta didik;
  2. Kepala SD/MI wajib memonitor dan melaporkan perkembangan kemampuan literasi dasar peserta didik kelas rendah kepada Pengawas Pembina di wilayah masing-masing;
  3. Pengawas wajib memonitor dan melaporkan perkembangan kemampuan literasi dasar peserta didik kelas rendah pada setiap satuan pendidikan yang menjadi wilayah binaan kepada Kepala Dinas Pendidikan;
  4. Penyampaian data hasil perkembangan kemampuan literasi dasar peserta didik kelas rendah wajib dilaporkan setiap bulan sesuai kemampuan faktual setiap peserta didik;
  5. Mekanisme dan proses pengukuran kemampuan literasi dasar peserta didik menggunakan instrumen yang telah dikembangkan oleh Program INOVASI, sesuai lampiran instruksi ini;
  6. Hasil pemetaan kemampuan literasi dasar peserta didik kelas rendah menjadi pokok bahasan Kepala Sekolah dan Guru dalam pertemuan rutin Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Guru (KKG)
  7. Pemetaan kemampuan literasi dasar peserta didik kelas rendah merupakan bagian dari program kerja penjaminan mutu pendidikan di bawah koordinasi Dinas Pendidikan;
  8. Rekomendasi hasil pemetaan kemampuan literasi dasar peserta didik kelas rendah, harus senantiasa menjadi acuan perbaikan oleh setiap Guru, Kepala Sekolah, Pengawas dan jajaran Dinas Pendidikan sesuai dengan kewenangannya untuk dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati.
  9. Melaksanakan instruksi in dengan penuh tanggung jawab. Instruksi ini mulai berlaku pada tanggal dikeluarkan.
Bupati Sumba Barat Instruksikan Pemetaan Kemampuan Literasi