Rencana Kerja Tahunan ini mencakup tahun kedua INOVASI Tahap II selama periode Juli 2021– Juni 2022. Dalam penyusunan rencana kerja ini, INOVASI berkonsultasi dengan mitra kunci di pemerintah Indonesia dan memanfaatkan temuan dari laporan pemantauan sebelumnya, serta pemeriksaan kesehatan gender dan disabilitas. Komite Pengarah Nasional mengesahkan fokus kegiatan rencana kerja ini dalam sebuah pertemuan yang diadakan pada tanggal 30 April 2021.

INOVASI adalah kemitraan delapan tahun antara pemerintah Indonesia dan Australia yang dimulai pada Januari 2016. Program TASS dimulai pada Januari 2017 dan kedua program tersebut digabungkan pada Juli 2020 pada awal INOVASI Tahap II, yang berlangsung hingga Desember 2023. Kami bekerja dengan mitra utama di pemerintah Indonesia (dan di sektor non-pemerintah) untuk mendukung perubahan dalam praktik, sistem, dan kebijakan pendidikan yang meningkatkan hasil belajar siswa, dengan fokus pada pendidikan dasar dan keterampilan dasar literasi, berhitung, dan pendidikan karakter sebagai keterampilan abad kedua puluh satu.

Di bawah pemerintahan nasional yang reformis, Indonesia telah memulai tinjauan dan reformasi sistem pendidikan yang komprehensif. Hal ini mencakup (1) kurikulum baru, Kurikulum Merdeka, yang dimaksudkan untuk memberikan kebebasan profesional kepada guru untuk menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan siswa mereka; (2) sistem penilaian nasional baru yang berfokus pada kompetensi dasar dalam jangkauan yang lebih luas, menggantikan ujian nasional sebelumnya berdasarkan pengetahuan konten di tingkat kelas; dan (3) pendekatan baru untuk pelatihan guru untuk mendukung perubahan ini. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) meluncurkan serangkaian program yang bertujuan untuk mengubah pengajaran dan manajemen sekolah, yang didukung oleh sektor non-pemerintah (Guru Penggerak, Sekolah Penggerak dan Organisasi Penggerak). Kementerian Agama (Kemenag) memperluas program pengembangan profesional berkelanjutan untuk guru madrasah dan memperkenalkan program moderasi agama untuk pengajaran Islam. Kemenag berupaya mensinergikan program terakhir ini dengan program pendidikan karakter baru Kemendikbud dengan dukungan INOVASI.

Dokumen rencana kerja ini tersedia dalam Bahasa Inggris.

Unduh Publikasi - 831.03 KB