Sumbawa

Program Rintisan: Numerasi Kelas Awal 2
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada Juli 2019 ini melanjutkan unit-unit dari short course numerasi 1 pada paruh pertama 2019, yang berfokus pada numerasi kelas awal. Dalam tindak lanjut program rintisan ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan konsep numerasi kunci di kelas, termasuk pola, eksplorasi jumlah, nilai tempat, serta penambahan dan pengurangan. Guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan mengimplementasikan kursus dalam pertemuan kelompok kerja guru yang rutin, berbasis gugus, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan kursus terjangkau dan dapat diimplementasikan lebih luas.

Program Rintisan: Literasi & Numerasi Kelas Awal (Kemitraan dengan Edukasi 101)
search-Image

 

Edukasi 101 adalah sebuah social enterprise yang berfokus di bidang sosial dan pendidikan. Didirikan pada tahun 2013, dengan tujuan utama “Meningkatkan Kualitas Sosial dan Pendidikan”. Edukasi 101 berpengalaman bekerja dengan pemerintah (Kemendikbud, Kemenag) di tingkat nasional dan kabupaten, universitas, serta organisasi swasta, untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Edukasi 101 saat ini bekerja di banyak lokasi di Indonesia dengan memberdayakan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung inovasi sosial yang berkelanjutan.

Fokus Program: Literasi & Numerasi

LINUMERATIF (Literasi & Numerasi Inovatif) adalah program rintisan yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan kemampuan dasar dalam bidang literasi dan numerasi bagi anak sekolah di 16 sekolah, melalui hal-hal berikut ini:  1) peningkatan kapasitas kepemimpinan pengajaran dan penilaian sekolah di bidang literasi dan numerasi dasar. 2) peningkatan kualitas pembelajaran di bidang literasi dan numerasi. 3) peningkatan kualitas penilaian literasi dan numerasi dasar. 4) peningkatan akses informasi tentang praktik baik dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian literasi dan numerasi dasar.

Program ini menggunakan pendekatan menyeluruh untuk membawa perubahan terhadap praktik belajar mengajar di kelas. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan di tingkat kabupaten dan sekolah, program ini fokus pada keberlanjutan melalui peningkatan tata kelola sekolah, praktik inovatif dalam kegiatan belajar mengajar, dan penilaian, serta sosialisasi praktik-praktik baik.

Lokasi: Sumbawa Barat dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Durasi: 12 September 2018 hingga 11 September 2019

Highlight program:

  • Meningkatnya hasil pembelajaran siswa di bidang literasi dan numerasi
  • Meningkatnya praktik pengajaran oleh guru
  • Meningkatnya keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam hal pendidikan

Website: www.edukasi101.com

Program rintisan: Guru BAIK
search-Image

Program  rintisan  Guru  BAIK  (Belajar, Aspiratif, lnklusif, Kontekstual) memberikan dukungan kepada  guru agar mampu mengusulkan, mengembangkan  dan  menguji   berbagai   solusi untuk mengatasi tantangan-tantangan pembelajaran yang mereka hadapi di ruang kelas. Melalui serangkaian  lokakarya dan kegiatan mentoring di sekolah, para guru memperoleh dukungan  untuk menemukan  sendiri tantangan-tantangan pembelajaran yang dihadapi siswanya di ruang kelas. Kemudian mampu mengembangkan, menguji,   meninjau kembali dan melakukan iterasi berbagai solusi yang berbeda-beda untuk mengatasi tantangan tersebut. Setelah melalui berbagai proses, guru pun mampu melakukan refleksi diri, meningkatkan   kompetensi dan kepercayaan  diri mereka dalam menyampaikan materi sesuai kurikulum, dan menggunakan teknik-teknik penilaian ruang kelas dan memecahkan tantangan pembelajaran di kelasnya.

Guru BAIK merupakan program rintisan INOVASI yang pertama dan berlangsung pada bulan Januari-Mei 2017 di 25 sekolah dasar (50 guru) yang ada di Sumbawa.

Program rintisan: Numerasi Kelas Awal (PERMATA)
search-Image

Program rintisan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep matematika dasar, khususnya angka, dan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas matematika dasar. Program rintisan ini berlangsung di 17 sekolah di kabupaten Sumbawa (satu madrasah dan 16 sekolah umum). Di Sumbawa, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mendorong dinas pendidikan kabupaten untuk mengembangkan program yang berorientasi pada kualitas. Ini adalah kunci untuk memastikan bahwa upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar lebih nyata dan terukur. Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Program rintisan: Gema Literasi
search-Image

Dalam kemitraannya dengan INOVASI, Save the Children Indonesia mengimplementasikan program rintisan Gema Literasi di kabupaten Sumbawa dan Lombok Utara di NTB. Pada tahun 2018, lebih dari 200 guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah terlibat. Program rintisan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 2 SD. Hal ini dilakukan dengan mengukur seberapa baik siswa mengembangkan kompetensi membaca dasar, dan melatih guru untuk membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam hal kegiatan membaca. Alat-alat  bantu yang  dimanfaatkan  untuk  meningkatkan   minat baca siswa meliputi permainan, lagu, dan berbagai cerita. Program rintisan ini juga berusaha untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pembelajaran literasi dengan cara penyediaan buku-buku dan perpustakaan, serta mensponsori berbagai tempat untuk membaca dan kegiatan belajar lainnya. Program rintisan ini telah selesai di tahun 2018.

Di Mana Kami Bekerja