Sumbawa Barat

Program Rintisan: Literasi & Numerasi Kelas Awal (Kemitraan dengan Edukasi 101)
search-Image

 

Edukasi 101 adalah sebuah social enterprise yang berfokus di bidang sosial dan pendidikan. Didirikan pada tahun 2013, dengan tujuan utama “Meningkatkan Kualitas Sosial dan Pendidikan”. Edukasi 101 berpengalaman bekerja dengan pemerintah (Kemendikbud, Kemenag) di tingkat nasional dan kabupaten, universitas, serta organisasi swasta, untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Edukasi 101 saat ini bekerja di banyak lokasi di Indonesia dengan memberdayakan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung inovasi sosial yang berkelanjutan.

Fokus Program: Literasi & Numerasi

LINUMERATIF (Literasi & Numerasi Inovatif) adalah program rintisan yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan kemampuan dasar dalam bidang literasi dan numerasi bagi anak sekolah di 16 sekolah, melalui hal-hal berikut ini:  1) peningkatan kapasitas kepemimpinan pengajaran dan penilaian sekolah di bidang literasi dan numerasi dasar. 2) peningkatan kualitas pembelajaran di bidang literasi dan numerasi. 3) peningkatan kualitas penilaian literasi dan numerasi dasar. 4) peningkatan akses informasi tentang praktik baik dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian literasi dan numerasi dasar.

Program ini menggunakan pendekatan menyeluruh untuk membawa perubahan terhadap praktik belajar mengajar di kelas. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan di tingkat kabupaten dan sekolah, program ini fokus pada keberlanjutan melalui peningkatan tata kelola sekolah, praktik inovatif dalam kegiatan belajar mengajar, dan penilaian, serta sosialisasi praktik-praktik baik.

Lokasi: Sumbawa Barat dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Durasi: 12 September 2018 hingga 11 September 2019

Highlight program:

  • Meningkatnya hasil pembelajaran siswa di bidang literasi dan numerasi
  • Meningkatnya praktik pengajaran oleh guru
  • Meningkatnya keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam hal pendidikan

Website: www.edukasi101.com

Program rintisan: Literasi Kelas Awal (PELITA)
search-Image

Program rintisan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas awal dalam literasi dengan meningkatkan pemahaman guru terhadap konten kurikulum, khususnya tahap awal perkembangan literasi. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru untuk menggunakan proses-proses penting untuk pengembangan literasi, seperti penilaian formatif, dan menerapkan rangkaian kegiatan dan sumber daya pengajaran yang paling efektif ke dalam konteks kelas mereka. Di Sumbawa Barat, program rintisan ini bekerja dengan 17 sekolah. Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Di Mana Kami Bekerja