Sumba Timur

Program Rintisan: Pembelajaran Kelas Rangkap
search-Image

Kelas rangkap adalah saat seorang guru mengajar lebih dari satu kelas pada saat yang sama di kelas yang sama. Pendekatan ini sangat penting, terutama di daerah-daerah terpencil dengan populasi kecil dan di sekolah-sekolah yang kekurangan guru atau ruang kelas. Pengajaran kelas rangkap juga merupakan cara untuk meningkatkan penyebaran guru dan rasio siswa-guru dan berguna bagi guru yang ingin membedakan pembelajaran untuk anak-anak dengan berbagai kompetensi.

Program Rintisan: Pendidikan Inklusif (Disabilitas) 2
search-Image

Program rintisan ini berfokus pada isu-isu pendidikan inklusi bagi anak-anak yang berkesulitan belajar. Kegiatan-kegiatannya berlangsung untuk memastikan bahwa kondisi tersebut lidak hanya dapat diidentifikasi oleh guru mereka,   tetapi   juga   agar   anak-anak   tersebut mampu berpartisipasi dan belajar sesuai dengan potensi   mereka.   Sebagai   hasil   dari   program rintisan  ini,  guru-guru  diharapkan   mampu  lebih baik dalam mengidentifikasi siswa yang memiliki kesulitan  belajar  (yang tentunya mempengaruhi hasil belajar mereka), serta mampu memenuhi kebutuhan setiap peserta didik di kelas.

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal 2
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada Juli 2019 ini melanjutkan unit-unit dari short course literasi 1 pada paruh pertama 2019. Dalam tindak lanjut program rintisan ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan literasi untuk kelas awal di kelas, termasuk membaca terbimbing, penilaian formatif, dan menjalankan catatan. Guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan mengimplementasikan kursus dalam pertemuan kelompok kerja guru yang rutin, berbasis gugus, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan kursus terjangkau dan dapat diimplementasikan lebih luas.

 

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal & Perpustakaan Ramah Anak (kemitraan dengan Taman Bacaan Pelangi)
search-Image

Taman Bacaan Pelangi adalah organisasi nirlaba yang berfokus untuk mendirikan perpustakaan ramah anak di wilayah terpencil di Indonesia Timur. Didirikan pada tahun 2009, hingga saat ini, mereka telah mendirikan 81 perpustakaan ramah anak di 15 pulau di Indonesia Timur, dari Lombok hingga Papua. Di tahun 2013, Taman Bacaan Pelangi menerima penghargaan “Nugra Jasa-dharma Pustaloka” dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atas upayanya di bidang literasi.

Fokus Program: Perpustakaan Sekolah      

Program INOVASI dan Taman Bacaan Pelangi bertujuan untuk memupuk kebiasaan membaca bagi anak-anak yang tinggal di wilayah terpencal di Indonesia Timur. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan literasi mereka melalui kegiatan-kegiatan sepertii: 1) pendirian perpustakaan ramah anak di dua sekolah lokal di setiap kabupaten. 2)  pemberdayaan dan pengembangan kapasitas guru dan kepala sekolah untuk mengelola perpustakaan ramah anak dan melaksanakan program membaca. 3) pembentukan kemitraan/koalisi yang solid dengan pemangku kepentingan dan mitra lokal – termasuk Kepala Dinas Pendidikan di tingkat kabupaten, kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat lokal – dan memastikan keberlanjutan perpustakan setelah program usai.

Lokasi: Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya – Nusa Tenggara Timur

Durasi: 12-Sep-18 hingga 11-Sep-19

Highlight program:

  • Meningkatnya hasil pembelajaran siswa di bidang literasi
  • Meningkatnya fasilitas perpustakaan sekolah dan program-programnya
  • Meningkatnya minat membaca siswa

Website: tamanbacaanpelangi.com

Program Rintisan: Pendidikan Inklusif – Disabilitas (Kemitraan dengan CIS Timor)
search-Image

 

Circle of Imagine Society (CIS) Timor adalah perkumpulan relawan yang bekerja untuk mewujudkan pendidikan inklusif di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Misi CIS Timor secara umum adalah untuk menjadi inspirasi untuk perubahan dengan mewujudkan NTT yang setara, damai, tahan bencana, sehat, dan sejahtera. CIS Timor meyakini bahwa dibutuhkan pendekatan yang inklusif untuk mencapai NTT yang setara dan sejahtera, agar tidak ada seorang pun yang tertinggal.

Fokus Program: Pendidikan Inklusif

Program INOVASI dan CIS Timor bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dan masyarakat dalam melaksanakan pendidikan inklusif di sembilan sekolah. Kegiatan program meliputi: 1) Pelatihan untuk guru dan kepala sekolah dalam bidang pendidikan inklusif – ini akan berujung pada pendirian sekolah inklusif. 2) Pelibatan masyarakat untuk mendukung pembelajaran inklusif dengan mendirikan Pusat Pembelajaran Inklusif atau Inclusive Learning Center (ILC). 3) ‘Koalisi untuk Perubahan’ yang melibatkan sejumlah pemangku kepentingan (pemerintah, masyarakat, sekolah) untuk mengadvokasi perencanaan dan penganggaran di bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sumba Timur dengan menggunakan pendekatan inklusif.

Tiga kegiatan di atas menggunakan pendekatan penelusuran ganda untuk memastikan agar seluruh pemangku kepentingan saling mendukung dan bersama-sama dalam meningkatkan literasi dan numerasi melalui pendidikan inklusif.

Lokasi: Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Durasi: 12 September 2018 hingga 11 Agustus 2019

Highlight program:

  • Meningkatnya pelibatan masyarakat dalam bidang pendidikan
  • Meningkatnya pemahaman orang tua dan masyarakat tentang hak-hak siswa penyandang disabilitas
  • Pemerintah desa telah mengeluarkan kebijakan lokal untuk mendukung anak-anak penyandang disabilitas

Website: www.cistimor.org

Program rintisan: Pendidikan Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu (kemitraan dengan Sulinama)
search-Image

Yayasan Sulinama didirikan pada tahun 2001 di Ambon, Maluku. Yayasan ini bertujuan untuk membangun kapasitas masyarakat, individu, dan lembaga, dengan memberikan pelatihan dan fasilitas bagi mereka dalam hal kemampuan kejuruan praktis dan pendidikan non-formal berbasis bahasa ibu.Yayasan Sulinama bermitra dengan berbagai lapisan masyarakat, organisasi sosial, dan pemerintah dalam menjalankan upaya-upaya pembangunan tersebut.

Fokus Program: Pendidikan multilingual berbasis bahasa ibu

Program INOVASI dan Yayasan Sulinama, yang diterapkan di 9 sekolah, memiliki dua tahap kegiatan: 1) meningkatkan kemampuan guru kelas awal dalam mengajarkan kemampuan literasi dasar, dengan memperkenalkan metode pembelajaran dengan bantuan bertahap (scaffolding), yakni pengetahuan tentang fonem dan abjad, kelancaran membaca, dan pemahaman membaca; 2) mengembangkan kapasitas siswa kelas awal dalam membaca dan menulis menggunakan buku bacaan berjenjang yang dapat diuraikan dalam bahasa ibu di Sumba Timur. Beberapa kegiatan dari program mencakup:

  1. Melatih guru, awalnya selama empat hari, tentang konsep dasar literasi dan pengetahuan fonem, kemudian melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) sekali sebulan terkait materi yang akan diberikan pada bulan berikutnya.
  2. Menulis buku berjenjang yang dapat diuraikan dalam bahasa ibu.
  3. Mencetak buku berjenjang yang dapat diuraikan dalam Bahasa Indonesia.

Lokasi: Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Durasi: 12 September 2018 hingga 30 November 2019

Highlight program:

  • Meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa
  • Meningkatnya praktik pengajaran guru
  • Meningkatnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan

 Website: yayasansulinama.com

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada akhir tahun 2018 ini akan bekerja untuk memperkuat keterampilan literasi dasar dan mendukung guru untuk meningkatkan praktik mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selama beberapa bulan, para guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan pengajaran literasi dasar di kelas, termasuk membaca, memahami, menggunakan buku-buku besar, dan penilaian. Para guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan menerapkan kursus dalam kelompok kerja guru yang rutin, berbasis kelompok, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan pelatihan terjangkau dan dapat direplikasi. Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Di Mana Kami Bekerja