Pasuruan

Program Rintisan: Literasi dan Numerasi Kelas Awal (Kemitraan dengan LP Ma’arif NU)
search-Image

 

Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) merupakan unit di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) yang menerapkan kebijakan pendidikan Nahdlatul Ulama di tingkat Dewan Eksekutif, Pelaksana Daerah, Manajer Cabang, dan Wakil Manajer Cabang.  LP Ma’arif NU telah aktif terlibat dalam proses mengembangkan pendidikan di Indonesia. Secara kelembagaan, LP Ma’arif NU juga telah mendirikan sekolah dan madrasah, mulai dari tingkat dasar, menengah, dan atas. Hingga kini terdapat lebih dari 6000 lembaga pendidikan di seluruh negeri yang berada di bawah LP Ma’arif NU, mulai dari TK / RA, SD / MI, SMP / MTs, SMA / SMK / MA, hingga beberapa universitas. Ma’arif NU, melalui skema hibah INOVASI, memperluas modul literasi dan numerasi INOVASI dengan menggunakan KKG sebagai wadah untuk memberikan pelatihan dan refleksi dari pendampingan selama sesi pelatihan. Program perluasan ini meliputi literasi di Sumenep dan Pasuruan; dan numerasi di Sidoarjo, bekerja dengan 10 madrasah di setiap kabupaten. Tujuannya secara umum adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas awal melalui peningkatan kompetensi guru dalam mengajar serta peningkatan dukungan dari pemangku kepentingan sekolah lainnya dan pemangku kepentingan kabupaten. Melalui jejaring dan struktur organisasinya, Ma’arif NU akan memperkuat kolaborasi dengan masyarakat luas.

Fokus Program: Literasi dan Numerasi        

Program yang diimplementasikan LP Maarif NU bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran literasi dan numerasi kelas awal di 10 sekolah mitra di Kabupaten Sumenep, Sidoarjo, dan Pasuruan. Bekerja sama dengan siswa, guru, kepala sekolah, dan komite sekolah, program percontohan ini menangani berbagai tantangan, termasuk bagaimana guru memahami proses numerasi dan pembelajaran di kelas awal, kapasitas mereka dalam mengelola kelas, dan pembelajaran numerasi siswa.

Lokasi: Sidoarjo (Numerasi), Pasuruan (literasi), Sumenep (Literasi)

Durasi: 22 Maret 2019 hingga 30 Novemebr 2019

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal 2
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada Juli 2019 ini melanjutkan unit-unit dari short course literasi 1 pada paruh pertama 2019. Dalam tindak lanjut program rintisan ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan literasi untuk kelas awal di kelas, termasuk membaca terbimbing, penilaian formatif, dan menjalankan catatan. Guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan mengimplementasikan kursus dalam pertemuan kelompok kerja guru yang rutin, berbasis gugus, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan kursus terjangkau dan dapat diimplementasikan lebih luas.

Program Rintisan: Numerasi Kelas Awal (Kemitraan dengan UNUSA)
search-Image

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) merupakan universitas Islam swasta yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama (NU). NU adalah organisasi Muslim terbesar di Indonesia, dan salah satu organisasi Islam independen terbesar di dunia. Perguruan tinggi ini didirikan empat tahun lalu dan memperoleh akreditasi B dari BAN-PT.

Fokus Program: Numerasi

Program yang dilakukan UNUSA adalah mengembangkan pendekatan terpadu untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 1-3 dalam ekosistem sekolah, melibatkan sejumlah pemangku kepentingan dari 16 sekolah, termasuk pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan organisasi orang tua, yang bekerja di bawah kepemimpinan yang kuat. Program ini juga mencakup guru kelas dari PGSD Universitas terbuka Pasuruan. Kegiatan kunci yang dilakukan mencakup:

  1. Pelatihan untuk Pelatih (ToT) tentang numerasi, manajemen sekolah, dan kemampuan fasilitasi lokakarya.
  2. Lokakarya berkala dengan guru tentang numerasi melalui wadah Kelompok Kerja Guru (KKG).
  3. Pembentukan ‘Bengkel Numerasi’ di setiap sekolah.
  4. Publikasi dan diseminasi cerita praktik baik secara berkala melalui buletin, situs web UNUSA, video, dan situs web INOVASI. Ini akan dilakukan berkonsultasi dengan tim Komunikasi INOVASI.

Lokasi: Pasuruan, Jawa Timur

Durasi: 12 September 2018 hingga 11 September 2019

Highlight program:

  • Meningkatnya hasil pembelajaran siswa di bidang numerasi
  • Meningkatnya praktik pengajaran guru
  • Meningkatnya jumlah pojok membaca di kelas

Website: unusa.ac.id

Program rintisan: Literasi Kelas Awal
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada akhir tahun 2018 ini akan bekerja untuk memperkuat keterampilan literasi dasar dan mendukung guru untuk meningkatkan praktik mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selama beberapa bulan, para guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan pengajaran literasi dasar di kelas, termasuk membaca, memahami, menggunakan buku-buku besar, dan penilaian. Para guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan menerapkan kursus dalam kelompok kerja guru yang rutin, berbasis kelompok, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan pelatihan terjangkau dan dapat direplikasi. Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal (Kemitraan dengan UINSA)
search-Image

UINSA adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam di Jawa Timur yang berfokus pada pendidikan dan pembelajaran multi-disiplin, pemberdayaan masyarakat berbasis riset, pelayanan masyarakat, dan literasi. UINSA telah mengembangkan praktik-praktik baik dalam hal peningkatan literasi di sekolah-sekolah, dan telah mengembangkan buku sekolah berjenjang yang digunakan untuk mendukung program peningkatan kemampuan literasi siswa. UINSA berpengalaman dalam memberikan pendampingan, pelayanan masyarakat, dan desain program berkelanjutan melalui pendekatan Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset atau Asset Based Community Development (ABCD).

Fokus Program: Literasi & buku-buku

Program INOVASI dan UINSA bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru madrasah dalam mengajarkan literasi di 10 madrasah (sekolah Islam) melalui Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset (ABCD), yang meruapakan suatu pendekatan konteksual. Dengan pendekatan ini, diharapkan para peserta lebih dapat mengandalkan diri sendiri dan memiliki tekad untuk mengembangkan kemampuan literasi mereka.

Lokasi: Pasuruan, Jawa Timur

Durasi: 25 September 2018 hingga 24 Juli 2019

Highlight program:

  • Meningkatnya hasil pembelajaran siswa di bidang literasi
  • Meningkatnya praktik pengajaran guru
  • Meningkatnya praktik kepala sekolah dalam mengawasi guru-guru mereka

Website: uinsby.ac.id

Di Mana Kami Bekerja