Pasuruan

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal (kemitraan dengan LP Ma’arif NU)
search-Image

Pada paruh kedua tahun 2019, LP Ma’arif NU akan mengimplementasikan program rintisan literasi kelas awal dengan 10 madrasah mitra di kabupaten Sumenep, Sidoarjo, dan Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Bekerja dengan siswa, guru, kepala sekolah dan komite sekolah, program rintisan akan berusaha untuk meningkatkan berbagai masalah, termasuk bagaimana guru memahami literasi dan belajar di kelas awal, keterampilan mereka dalam mengelola kelas, dan hasil pembelajaran literasi siswa.

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal 2
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada Juli 2019 ini melanjutkan unit-unit dari short course literasi 1 pada paruh pertama 2019. Dalam tindak lanjut program rintisan ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan literasi untuk kelas awal di kelas, termasuk membaca terbimbing, penilaian formatif, dan menjalankan catatan. Guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan mengimplementasikan kursus dalam pertemuan kelompok kerja guru yang rutin, berbasis gugus, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan kursus terjangkau dan dapat diimplementasikan lebih luas.

Program rintisan: Numerasi Kelas Awal (kemitraan dengan UNUSA)
search-Image

INOVASI dan UNUSA mengimplementasikan kegiatan Bengkel Numerasi yang akan dilaksanakan selama 10 bulan di 16 sekolah di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tujuan program ini untuk mewujudkan sebuah manajemen sekolah menuju pengembangan numerasi yang didukung oleh para pemangku kepentingan dan mendorong terciptanya inovasi kreatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas awal dalam bidang numerasi. Bengkel Numerasi ini melibatkan pengawas, kepala sekolah, guru kelas awal, komite sekolah dan paguyuban kelas.

Program rintisan: Literasi Kelas Awal
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada akhir tahun 2018 ini akan bekerja untuk memperkuat keterampilan literasi dasar dan mendukung guru untuk meningkatkan praktik mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selama beberapa bulan, para guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan pengajaran literasi dasar di kelas, termasuk membaca, memahami, menggunakan buku-buku besar, dan penilaian. Para guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan menerapkan kursus dalam kelompok kerja guru yang rutin, berbasis kelompok, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan pelatihan terjangkau dan dapat direplikasi. Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Program rintisan: Literasi Kelas Awal (kemitraan dengan UINSA)
search-Image

INOVASI dan UINSA mengimplementasikan “Program Pelatihan Guru untuk Pengembangan Literasi” di 10 madrasah di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur selama 10 bulan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa. Progam ini bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mengembangkan budaya literasi di sekolah. Program ini akan menggunakan pendekatan ABCD-Asset Based Community Development (Pengembangan Komunitas Berbasis Aset) yang merupakan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemandirian dan komitmen sekolah untuk mengembangkan program literasi melalui proses pembelajaran di sekolah.

Di Mana Kami Bekerja