Malinau

Program Rintisan: Numerasi Kelas Awal 2 & Kepemimpinan Pembelajaran
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada Juli 2019 ini melanjutkan unit-unit dari short course numerasi 1 pada paruh pertama 2019, yang berfokus pada numerasi kelas awal. Dalam tindak lanjut program rintisan ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan konsep numerasi kunci di kelas, termasuk pola, eksplorasi jumlah, nilai tempat, serta penambahan dan pengurangan. Guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan mengimplementasikan kursus dalam pertemuan kelompok kerja guru yang rutin, berbasis gugus, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan kursus terjangkau dan dapat diimplementasikan lebih luas.

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal 2 & Kepemimpinan Pembelajaran
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada Juli 2019 ini melanjutkan unit-unit dari short course literasi 1 pada paruh pertama 2019. Dalam tindak lanjut program rintisan ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan literasi untuk kelas awal di kelas, termasuk membaca terbimbing, penilaian formatif, dan menjalankan catatan. Guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan mengimplementasikan kursus dalam pertemuan kelompok kerja guru yang rutin, berbasis gugus, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan kursus terjangkau dan dapat diimplementasikan lebih luas.

Program rintisan: Literasi Kelas Awal & Buku Bacaan Digital (kemitraan dengan Asia Foundation)
search-Image

INOVASI bermitra dengan The Asia Foundation di Malinau dan Bulungan, untuk mengimplementasikan program rintisan penggunaan buku bacaan anak-anak digital. Ini dilakukan melalui aplikasi “Let’s Read”. Selain bermanfaat bagi siswa sekolah dasar, program rintisan akan bekerja untuk membantu guru mengakses dan menggunakan buku anak-anak.

Program rintisan: Literasi Kelas Awal (kemitraan dengan UBT)
search-Image

Program rintisan yang merupakan kemitraan dengan Universitas Borneo Tarakan ini berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran literasi bagi guru SD/MI dan revitalisasi KKG di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Program rintisan akan dilaksanakan di 13 sekolah selama 10 bulan.

Program rintisan: Literasi Kelas Awal (kemitraan dengan Litara dan OPOB)
search-Image

Kampanye Membaca untuk Kesenangan (Reading for Pleasure Campaign) dilaksanakan selama 12 bulan di Kabupaten Malinau dan Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya baca dalam hal membaca untuk kesenangan. Program ini dilaksanakan untuk mendekatkan akses warga sekolah dan masyarakat pada buku bacaan berkualitas, menumbuhkan partisipasi masyarakat terhadap budaya membaca dan meningkatkan kemampuan warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah dalam memanfaatkan bahan bacaan secara bermakna.

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal
search-Image

Program rintisan literasi tingkat awal sedang dilakukan di kabupaten Bulungan dan Malinau, dengan penekanan yang berbeda di setiap kabupaten untuk mencerminkan konteks lokal. Uji coba ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran literasi untuk kelas satu hingga tiga anak di dua kelompok (tujuh sekolah) di Bulungan dan dua kelompok (13 sekolah) di Malinau. Sejauh ini, pilot telah melibatkan 89 guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dengan 54 orang di Bulungan (25 laki-laki dan 29) dan 30 di Malinau (15 perempuan dan 15 laki-laki). Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Di Mana Kami Bekerja